Follow Us

Foto Jenazah Laskar FPI Tewas Tersenyum Viral di Jagat Maya, Ternyata Hoax! Orang Sebenarnya dalam Foto : Itu Saya Mau Tidur

Rifka Amalia - Minggu, 13 Desember 2020 | 16:00
Ahmad Mujahid, pria di foto 'jenazah laskar FPI dalam kondisi tersenyum' yang viral di media sosial.
Kolase Tribun Kaltim

Ahmad Mujahid, pria di foto 'jenazah laskar FPI dalam kondisi tersenyum' yang viral di media sosial.

Sosok.ID - Jagat sosial media dikejutkan dengan beredarnya sebuah foto yang menunjukkan pria tersenyum dengan mata tertutup.

Foto itu beredar dengan narasi bahwa pria tersebut merupakan salah satu dari enam jenazah laskar Front Pembela Islam (FPI) yang tewas beberapa waktu lalu.

Pihak kepolisian melakukan penelusuran, dan didapati bahwa konten itu merupakan berita bohong alias hoax.

Pria dalam foto dipastikan bukan salah satu dari 6 jenazah laskar FPI yang tewas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 50, Senin (7/12/2020).

Baca Juga: Rizieq Shihab Takut hingga Datang ke Polda Metro Jaya, Polisi Beri 2 Opsi untuk 5 Tersangka Lain: Serahkan Diri atau Ditangkap!

Dikutip dari tayangan Kompas Pagi, menyadur via TribunWow.com, Minggu (13/12/2020), foto itu adalah milik warga Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, bernama Ahmad Mujahid.

Ahmad Mujahid sama sekali tidak berkaitan dengan FPI maupun Habib Rizieq Shihab.

Sehingga ia merasa dirugikan sebab wajahnya tersebar di jagat maya dengan narasi yang dikhawatirkan menimbulkan perpecahan.

Kapolres Kutai Kartanegara, AKBP Irwan Masulin Ginting menjelaskan, mulanya Ahmad Mujahid iseng membagikan fotonya ke sebuah grup WhatsApp.

Baca Juga: Sebut Banyak Luka Tembak Tak Wajar di Tubuh 6 Jenazah Laskar Pengawal Rizieq Shihab, FPI Minta Kasus Diusut Tuntas, Merasa Difitnah Polisi

Namun keesokan harinya, foto itu malah menjadi viral dengan keterangan bahwa itu merupakan foto jenazah laskar FPI yang tewas tersenyum.

"Pada saat tanggal 7 Desember, saudara Ahmad Mujahid juga mengeshared fotonya tersebut di grup WAnya, yaitu WA Grup Pecinta dan Pembela Ulama," papar Irwan.

Source : Kompas.com, Tribunnews.com, TribunWow

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest