Follow Us

Jika Trump atau Biden Tidak Menang, Amerika akan Mencetak Sejarah Mimpi Buruk Pemilu AS, Kekacauan Konstitusi Lebih Ngeri dari Era George Bush Bisa Terjadi

Rifka Amalia - Senin, 02 November 2020 | 16:42
Joe Biden dan Donald Trump
Kompas.com via Sonora.ID

Joe Biden dan Donald Trump

Sosok.ID - Dua puluh tahun silam, pemilihan umum Presiden Amerika Serikat di Florida mengalami kekacauan.

Dikutip dari Wikipedia.org, kandidat dari Partai Demokrat, Al Gore dan kandidat dari Partai Republik George W. Bush saat itu bersaing memperebutkan tampuk kekuasaan.

Namun hasil pemilu di tahun 2000 itu, tidak diketahui selama lebih dari sebulan setelah pemilihan selesai.

Sebab proses perhitungan ulang memakan waktu sangat panjang, dan bahkan berujung pada kasus Bush vs Gore di Mahkamah Agung Amerika Serikat.

Baca Juga: Lonjakan Pesawat Pengintai AS Bikin Xi Jinping Gelisah, Negara Donald Trump: Itu Sepadan dengan Serakahnya Klaim China Atas Banyak Lautan

Pada akhirnya Bush menang dengan selisih suara tipis.

Di malam 7 November 2000, Al Gore melakukan dua panggilan telepon ke George W. Bush.

Yang pertama adalah mengakui pemilihan presiden. Yang kedua, satu jam kemudian, adalah mencabut konsesinya.

Perlombaan telah sampai ke negara bagian yang paling ricuh, dan hanya beberapa ratus suara yang memisahkan nasib para kandidat.

"Adik laki-laki saya memberi tahu saya bahwa kami pasti akan membawa (kemenangan) di Florida," kata kandidat presiden dari Partai Republik itu kepada saingan Demokratnya di telepon, dikutip dari ABC.

Baca Juga: Terseok-seok Taiwan Diimingi AS Stabilitas Keamanan malah Jadi 'Sapi Perah', Trump Bakal Gerus China dengan Langkah Lebih Ekstrim dan Ofensif Jika Biden Terpilih

Bush saat itu adalah gubernur Texas. Saudaranya Jeb Bush adalah Gubernur Florida. Bush memenangkan negara bagian Florida dengan selisih 537 suara saja.

Source : abc news, wikipedia.org

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest