Australia, AS, dan Jepang Turun di 'Medan Tempur' Malabar India, China Ketar-ketir Bakal Dibangun NATO Indo-Pasifik Usai Quad Adakan Pertemuan

Australia pernah bergabung dengan latihan angkatan laut Malabar pada tahun 2007. Tangkap Layar Livemint
Australia pernah bergabung dengan latihan angkatan laut Malabar pada tahun 2007.

Sosok.ID - India, saat ini masih terlibat dalam konflik di perbatasan dengan China.

India dan China melakukan pembicaraan untuk melakukan kesepakatan damai, namun baru-baru ini membuat pernyataan tentang latihan militer dengan Australia.

Dilansir dari Livemint, India pada hari Senin (19/10/2020) mengatakan telah mengundang Australia untuk berpartisipasi dalam latihan angkatan laut Malabar tahunan bersama AS dan Jepang pada November mendatang.

Langkah tersebut menandakan bahwa New Delhi telah melepaskan keraguannya tentang bagaimana Beijing akan memandang perkembangan tersebut.

Baca Juga: Militer India Tangkap Tentara China di Ladakh, Pasukan Negeri Bollywood Justru Lakukan Hal ini Meski Musuh dalam Genggaman

Waktu undangan tidak akan hilang dari China, karena itu terjadi di tengah kebuntuan militer di sepanjang Garis Kontrol Aktual (LAC) di Ladakh.

China kemungkinan akan menganggapnya sebagai isyarat provokatif, karena melihat pertemuan India, Jepang, AS, dan Australia, yang juga dikenal sebagai "Quad", sebagai upaya untuk membatasi pengaruhnya, kata analis.

Pekan lalu, Menteri Luar Negeri China Wang Yi telah menolak pengelompokan tersebut sebagai bagian dari upaya Washington untuk membangun "NATO Indo-Pasifik (Organisasi Perjanjian Atlantik Utara)" dan memperingatkan bahwa inisiatif tersebut akan sangat merusak keamanan regional.

Undangan New Delhi ke Australia juga diharapkan membuka jalan bagi formalisasi pengelompokan Quad, sesuatu yang telah lama dicari AS.

Baca Juga: Bukan Main! Sampai Masuk Ronde 8, India dan China Masih Adu Urat Konflik di Perbatasan

Video Pilihan

POPULAR

TAG POPULAR