Follow Us

Corona, Warga Myanmar Sambil Menangis Terpaksa Makan Tikus: Demi Makanan Layak untuk Anak-anak

Rifka Amalia - Minggu, 25 Oktober 2020 | 12:42
Ilustrasi tikus
Pixabay

Ilustrasi tikus

Sosok.ID - Pandemi Covid-19 yang muncul di Wuhan, China sejak Desember tahun lalu, masih merebak di seluruh penjuru dunia.

Virus corona bukan hanya melumpuhkan sektor kesehatan saja, namun pula segala tatanan kehidupan, salah satunya sektor perekonominan.

Banyak negara-negara besar berjuang demi lolos dari jurang resesi.

Warga miskin di tiap-tiap wilayah bertahan hidup dengan makanan tidak layak.

Baca Juga: Makin Melarat Dihajar Corona, Kim Jong Un Suruh Warganya Makan Kura-kura, Sebut Nikmat hingga Darahnya Bisa Jadi Bubur

Tak sedikit yang terpaksa menyantap tikus, seperti yang dialami oleh warga Myanmar ini.

Dilansir dari Reuters, Minggu (25/10/2020), setelah gelombang pertama Covid-19 melanda Myanmar pada Maret lalu, kios-kios terpaksa tutup akibat lockdown.

Ma Suu, salah seorang warga yang berusia 36 tahun menutup kios saladnya dan menggadaikan perhiasan dan emasnya untuk membeli makanan.

Selama gelombang kedua, ketika pemerintah mengeluarkan pesan untuk kembali tinggal di rumah pada bulan September, Ma Suu yang tinggal di Yangon lagi-lagi menutup kiosnya.

Baca Juga: Melarat akibat Pandemi, Timor Leste 'Main Kotor' dengan Kelabui Petani, Rakyat yang Kelaparan Diberi Makan Beras Impor Rusak dari Vietnam

Ia menjual pakaian, piring, dan potnya untuk membeli makanan dan bertahan hidup.

Karena tidak ada yang tersisa untuk dijual, suaminya, seorang pekerja konstruksi yang sedang menganggur, terpaksa berburu makanan di saluran terbuka di daerah kumuh tempat mereka tinggal di pinggiran kota terbesar di Myanmar.

Source : Reuters

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest