Cari Pasukan? Melawat ke India, Sri Lanka, Maladewa, dan Indonesia, AS Bicarakan Soal Masalah-masalah yang Ditimbulkan China

Pasukan militer India . zeenews.india
Pasukan militer India .

Sosok.ID - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo dan Menteri Pertahanan Mark Esper akan mengunjungi New Delhi minggu depan.

Ini adalah bagian dari upaya untuk memperkuat hubungan strategis militer AS dengan India dalam persaingan timbal balik mereka dengan China.

Dilansir dari Wall Street Journal, selain India, Pompeo juga akan mengunjungi Sri Lanka, Maladewa dan Indonesia.

Hal itu disampaikan Mike Pompeo kepada wartawan pada Rabu (21/10/2020) di Departemen Luar Negeri.

Baca Juga: Perlihatkan Kemampuan Tempur kepada China, India Gelar Latihan Militer Skala Besar

Di New Delhi pada hari Senin dan Selasa depan, Pompeo dan Esper akan bertemu dengan rekan-rekan India mereka, bagian dari dialog “2 + 2” yang diharapkan mencakup segala hal mulai dari latihan militer hingga upaya diplomatik di seluruh Asia.

"Agenda Dialog ketiga akan mencakup semua masalah bilateral, regional dan global yang menjadi kepentingan bersama," kata kementerian luar negeri India pada hari Rabu.

Diketahui, India telah terlibat dalam pertempuran perbatasan yang mematikan dengan China dalam beberapa bulan terakhir di wilayah Himalaya Ladakh.

Baca Juga: China Unjuk Rekaman Pilot Jet Tempur Usir Musuh di Udara, Tapi Ogah Beri Bukti Nomor Pesawat Negara Mana yang Datang di Langitnya

Video Pilihan

POPULAR

TAG POPULAR