Follow Us

Semakin Menggila, Kapal Perusak Milik AS Nekat Masuki Selat Taiwan, Militer China Langsung Geger dan Siap Menyerbu!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Jumat, 16 Oktober 2020 | 18:13
Semakin Menggila, Kapal Perusak Milik AS Nekat Masuki Selat Taiwan, Militer China Langsung Geger dan Siap Menyerbu!
USNI NEWS

Semakin Menggila, Kapal Perusak Milik AS Nekat Masuki Selat Taiwan, Militer China Langsung Geger dan Siap Menyerbu!

Sosok.ID - Ketika kapal perusak USS Barry berlayar melalui Selat Taiwan pada Rabu (14/10), militer China mengorganisir Angkatan Laut dan Angkatan Udara serta melacak juga memantau kapal perang Amerika Serikat (AS) itu.

Mengutip Global Times, Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) mengumumkan perintah tersebut pada Kamis (15/10).

Dalam beberapa hari terakhir, AS telah sering mengirimkan sinyal yang salah kepada pasukan "kemerdekaan Taiwan", yang secara serius merusak perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan, Kolonel Senior Zhang Chunhui, juru bicara Komando Teater Timur PLA, mengatakan.

Transit kapal perusak USS Barry di Selat Taiwan terjadi setelah media asing melaporkan pada Selasa (13/10) dan Rabu (14/10) bahwa AS sedang bergerak maju dengan penjualan senjata terbaru ke Taiwan, yang menurut para ahli menampilkan senjata serangan dibanding bersifat defensif.

Baca Juga: Gerombolan 'Drone Bunuh Diri' Diluncurkan China dalam Uji Coba, Bagian dari Strategi Fusi Militer-Sipil, Setara CH-901 Berkecepatan 150 Km/jam sebelum Meledak

"Kami dengan tegas mendesak Amerika Serikat untuk berhenti membuat pernyataan dan tindakan yang menimbulkan masalah. Pasukan komando selalu waspada, dengan tegas menjaga kedaulatan nasional dan integritas teritorial, serta perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan," kata Zhang.

Mengambil tindakan yang diperlukan

Sebelumnya, kapal perusak USS John S. McCain memasuki perairan Kepulauan Paracel di Laut China Selatan yang China klaim sebagai miliknya.

China menyebut Kepulauan Paracel dengan nama Kepulauan Xisha. Gugusan pulau ini juga Vietnam klaim sebagai milik mereka.

Baca Juga: Ogah Gubris Sanksi dari Publik Dunia, Xi Jinping Terang-terangan Segera Luncurkan Militer China Untuk Tempur, Sasarnya Taiwan dan AS!

Komando Teater Selatan Tentara PLA menyatakan, kehadiran USS John S. McCain di perairan Kepulauan Paracel pada Jumat (9/10) pekan lalu tanpa persetujuan China.

"Diperingatkan serta diberitahu untuk pergi oleh Komando Teater Selatan Tentara Pembebasan Rakyat," kata Kolonel Senior Zhang Nandong, juru bicara Komando Teater Selatan PLA, seperti dilansir Global Times.

Source : Kontan.co.id

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest