Follow Us

Bak Tak Tahu Malu, Dunia Remuk karena Virus yang Muncul dari Negaranya, China Justru Manfaatkan Krisis Corona untuk Perluas Klaimnya

Rifka Amalia - Rabu, 16 September 2020 | 18:13
Xi Jinping menyebarkan pengaruhnya di dunia di tengah krisis pandemi corona.
Xinhua

Xi Jinping menyebarkan pengaruhnya di dunia di tengah krisis pandemi corona.

Sosok.ID - Negeri Tirai Bambu, secara tidak langsung telah memanfaatkan kondisi krisis pandemi untuk meningkatkan risiko perang.

Meski virus corona muncul pertama kali di Wuhan dan menyebar ke seluruh dunia hingga menewaskan ratusan ribu manusia, China tetap arogan memanfaatkan situasi tersebut.

Di saat dunia sedang porak-poranda dan segala sektor mulai anjlok, negara yang dipimpin oleh Xi Jinping ini menyebarkan pengaruhnya.

Mengutip Express.co.uk, Rabu (16/9/2020), China dinilai dapat mengambil keuntungan dari krisis yang melumpuhkan kekuatan dunia dan meningkatkan pengaruhnya atas Laut China Selatan.

Baca Juga: Buatan Manusia? 'Pandemi Ini Diselimuti Kebohongan', Ilmuwan Diam Saja Saat Ditanya Dasar Munculnya Penyakit Covid-19

Dalam beberapa bulan ke depan risiko perang akan makin kuat, seorang analis strategis terkemuka memperingatkan.

Mr Jennings berkata: “Ekonomi global mungkin berada dalam hibernasi, tetapi geopolitik berkembang pesat dan berlari menuju potensi krisis.

"Inti dari masalah keamanan adalah dorongan Partai Komunis China untuk keluar dari pandemi Covid-19 yang secara strategis lebih kuat di Asia-Pasifik daripada AS dan sekutunya.”

Upaya Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk menyelesaikan ketegangan dengan memperkenalkan sistem berbasis aturan telah memburuk.

Baca Juga: Ada Bukti Covid-19 Buatan Manusia, Kata Ahli Virologi yang Sadar Nyawanya Bisa Melayang di Tangan Pemerintah China

Sebab China berfokus untuk mendapatkan pengaruh atas wilayah di Laut China Timur dan Selatan, serta Himalaya.

Mr Jennings berpendapat ini dapat dikaitkan dengan demonstrasi kekuasaan simbolis Presiden China Xi Jinping.

Source : express.co.uk

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest