Follow Us

Beijing Hilang Kesabaran, AS Terobos Zona Terlarang di Laut China Selatan, PLA Murka: Hentikan Tindakan Provokatif Kalian Jika Tak Ingin Terjadi Kecelakaan!

Rifka Amalia - Sabtu, 29 Agustus 2020 | 13:13
Ilustrasi - Armada kapal perang AS di Pasifik
dailymail.co.uk

Ilustrasi - Armada kapal perang AS di Pasifik

Sosok.ID - Militer China mengusir kapal perusak AS dari perairan teritorial di Laut China Selatan.

Melansir Global Times, Sabtu (29/8/2020), Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) pada hari Kamis mengusir kapal perang AS yang masuk tanpa izin ke perairan teritorial China di Kepulauan Xisha di Laut China Selatan.

Kapal perang AS melintas di dekat zona latihan militer China yang sedang berlangsung, ketika laporan menampilkan rudal balistik anti-kapal yang diluncurkan.

USS Mustin, sebuah kapal perusak berpeluru kendali Angkatan Laut AS, masuk tanpa izin ke perairan teritorial China di Kepulauan Xisha di hari tersebut.

Baca Juga: Sepak Terjang Pesawat Pembom Nuklir Q-5 China, Digadang-gadang Tetap Moncer meski Diterjunkan saat Perang 'Akhir Zaman'

Sementara Komando Teater Selatan PLA mengirim angkatan laut dan udara untuk melacak, mengidentifikasi dan memperingatkannya pergi, kata Kolonel Senior Li Huamin, juru bicara Komando Teater Selatan PLA pada Jumat (28/8) pagi.

AS mengabaikan aturan hukum internasional, berulang kali menimbulkan masalah di Laut China Selatan, menjalankan hegemoni navigasi atas nama "kebebasan navigasi".

AS secara serius juga telah merusak kedaulatan dan kepentingan keamanan China, dan menyabotase parah tatanan navigasi internasional di Laut China Selatan, kata Li.

China memiliki kedaulatan yang tak terbantahkan atas pulau-pulau di Laut China Selatan dan perairan yang berdekatan di wilayah tersebut.

Baca Juga: Amerika Kirim Pesan Keras ke China, Pilih Mundur Atau Perang!

Pasukan komando selalu waspada tinggi untuk dengan tegas melindungi kedaulatan nasional dan menjaga perdamaian dan stabilitas di wilayah Laut China Selatan, kata Li.

Pakar militer yang berbasis di Beijing Wei Dongxu, dikutip Sosok.ID dari Global Times, mengatakan bahwa PLA memiliki kemampuan yang kuat dalam menjaga kedaulatannya di Laut China Selatan, termasuk kemampuan pemantauan laut dan udara yang komprehensif dengan peralatan seperti pesawat patroli.

Source : Global Times

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest