Follow Us

Ternyata Sama Saja, Sok-sokan Marah dengan Amerika Serikat, China Tiba-tiba Kirim Pesawat Pembom Kelayapan di Laut China Selatan, Vietnam Angkat Bicara

Muflika Nur Fuaddah - Jumat, 21 Agustus 2020 | 09:35
Ilustrasi
Durong Duc's Blog

Ilustrasi

Sosok.ID - Laut China Selatan lagi-lagi memanas.

Kementerian Luar Negeri Vietnam pada Kamis (20/8) menyatakan, kehadiran pembom China di Kepulauan Paracel yang disengketakan di Laut China Selatan "membahayakan perdamaian" di kawasan itu.

"Fakta bahwa pihak terkait mengirim senjata dan pembom ke Laut Timur tidak hanya melanggar kedaulatan Vietnam, tetapi juga membahayakan situasi di daerah itu," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Vietnam Le Thi Thu Hang seperti dikutip Reuters.

Pernyataan Kementerian Luar Negeri Vietnam itu menjawab pertanyaan wartawan soal keberadaan setidaknya satu pembom China di Kepulauan Paracel, yang diklaim oleh China sebagai yurisdiksi mereka, di Laut China Selatan yang dikenal sebagai Laut Timur di Vietnam.

Baca Juga: Bagikan Pesan Menyayat Hati, Inilah Kisah Mengharukan Seorang Ibu yang Simpan Janin Bayinya dalam Kulkas selama Seminggu sebelum Menguburkannya di Pot Bunga

Sebelumnya, sebuah foto menunjukkan, China telah mengerahkan setidaknya satu pesawat pembom H-6J ke Pulau Woody atau Yongxing, begitu Tiongkok menyebutnya, di bagian Utara Laut China Selatan untuk pertama kalinya.

Jika benar, The War Zone melaporkan, pengerahan bomber yang bisa membawa rudal itu ke depan akan menjadi tambahan yang signifikan pada kekuatan militer China di Laut China Selatan.

Dan, "Dapat menghadirkan tantangan baru bagi lawan potensial di wilayah tersebut, seperti Amerika Serikat," tulis The War Zone, media online asal AS, dalam laporannya, Rabu (12/8) pekan lalu.

Halaman selanjutnya...

Editor : Intisari Online

Latest