Follow Us

Vietnam Takut Bukan Main Hendak Disatroni Pembom Nuklir Jarak Jauh Xian H-6 AU China

Seto Ajinugroho - Jumat, 21 Agustus 2020 | 15:13
Vietnam Takut Bukan Main Hendak Disatroni Pembom Nuklir Jarak Jauh Xian H-6 AU China
xinhua

Vietnam Takut Bukan Main Hendak Disatroni Pembom Nuklir Jarak Jauh Xian H-6 AU China

Sosok.ID - Kehadiran militer China di Pasifik selatan membuat banyak negara merasa terancam.

Salah satunya Vietnam.

Negara Nguyen itu merasa China sudah kelewat batas saat AU China mengirim pembom nuklirnya, Xian H-6.

Menurut Kementerian Luar Negeri Vietnam pada Kamis (20/8/2020), langkah China ini membahayakan perdamaian.

Baca Juga: Awalnya Dikira Korban Kecelakaan, Wartawan Media Online di Mamuju Ditemukan Tewas dengan Tubuh Dipenuhi 17 Luka Tusukan, Sepatu yang Tertinggal di TKP Diduga Milik Sosok Pembunuhnya

Ini merupakan sinyal ketidaksetujuan lain yang diajukan Vietnam di kawasan itu terkait peningkatan aktivitas pertahanan Beijing.

Mengutip South China Morning Post, China yang selama bertahun-tahun terkunci dalam sengketa maritim dengan negara-negara pesisir lainnya di Laut China Selatan, dalam beberapa bulan terakhir telah meningkatkan kehadiran dan latihannya di bagian jalur air strategis yang disengketakan. Hal ini dilakukan saat negara lain sedang berjuang melawan wabah virus corona.

Media Vietnam dan China telah melaporkan bahwa China baru-baru ini mengerahkan jet tempur dan setidaknya satu pembom, H-6J, ke Paracels, salah satu dari dua kelompok pulau di Laut China Selatan tempat China mengklaim kepemilikan historis.

Baca Juga: Korea Selatan dan Negara-negara Musuh Harus Kian Waspada, Kekuasaan Korea Utara Lambat Laun Diserahkan ke Adik Kim Jong Un yang Disebut Sangat Kejam, Ini Buktinya!

Hang tidak mengatakan kapan pesawat pembom itu terlihat di Paracels.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Pertahanan China Ren Guoqiang akhir bulan lalu mengatakan pembom H-6G dan H-6J telah berpartisipasi dalam pelatihan intensitas tinggi di daerah tersebut.

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest