Follow Us

Berita Duka, Kim Jong Un Terbaring Koma, Tampuk Kekuasaan Dialihkan kepada si 'Bringas dan Kejam' Kim Yo Jong

Rifka Amalia - Senin, 24 Agustus 2020 | 13:00
Kim Yo Jong, adik bungsu Kim Jong Un.
express.com via Intisari

Kim Yo Jong, adik bungsu Kim Jong Un.

Sosok.ID - Kabar duka kembali datang dari Korea Utara. Rumor tentang kesehatan Kim Jong Un sekali lagi menyeruak di media internasional.

Diktator Korea Utara tersebut dikabarkan koma, setelah pada April lalu kabar serupa sempat berhembus.

Sementara itu, saudara perempuan Kim Jong Un, Kim Yo Jong yang dikenal lebih sadis ketimbang kakaknya, disebut mengambil alih kendali negara.

Dikutip Sosok.ID dari New York Post, Senin (24/8), seorang diplomat Korea Selatan berspekulasi bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah mengalami koma dan bahwa saudara perempuannya, Kim Yo Jong, siap untuk mengambil alih negara.

Baca Juga: Absen dalam Delegasi HUT sang Kakek, Kim Jong Un Sakit Kritis di Tengah Pandemi hingga 'Diisolasi' ke Gunung Suci Korea Utara, Ada Apa?

Klaim itu disampaikan seorang mantan pejabat Korea Selatan di tengah laporan bahwa Kim telah menyerahkan sebagian kekuasaannya kepada adik perempuannya.

Chang Song-min, mantan ajudan mendiang presiden Korea Selatan Kim Dae-jung, menuduh Kim Jong Un sakit parah di tengah spekulasi tentang terbatasnya penampilannya di depan publik pada tahun ini, lapor Mirror.

"Saya menilai dia sedang koma, tapi hidupnya belum berakhir," katanya kepada media Korea Selatan.

Mantan ajudan itu menambahkan bahwa Kim Yo Jong, siap membantu memimpin negara.

Baca Juga: Media Seberang Kelepasan Rilis Berita Kim Jong Un Meninggal Dunia, Pyongyang Tak Membantah, Pakar Yakin Pimpinan Korut telah Wafat

"Struktur suksesi lengkap belum terbentuk, jadi Kim Yo-jong dikedepankan karena kekosongan tidak dapat dipertahankan untuk waktu yang lama," katanya.

Klaimnya muncul setelah mata-mata Korea Selatan mengungkapkan bahwa saudara kandung Kim yang berusia 33 tahun itu sekarang menjabat sebagai "orang kedua secara de facto", meskipun dia belum ditunjuk sebagai penggantinya.

Source : New York Post, Daily Mirror, Sosok.id

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest