Follow Us

Kembali Tiongkok Tabrak Kapal Nelayan Vietnam dan Rampas Hasil Tangkapan di Laut China Selatan, Geram, Negara ASEAN Termasuk Indonesia Angkat Bicara!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Selasa, 23 Juni 2020 | 15:13
(Ilustrasi kapal tenggelam) Kembali Tiongkok Tabrak Kapal Nelayan Vietnam dan Rampas Hasil Tangkapan di Laut China Selatan, Geram, Negara ASEAN Termasuk Indonesia Angkat Bicara!
Pixabay

(Ilustrasi kapal tenggelam) Kembali Tiongkok Tabrak Kapal Nelayan Vietnam dan Rampas Hasil Tangkapan di Laut China Selatan, Geram, Negara ASEAN Termasuk Indonesia Angkat Bicara!

Sosok.ID - Kapal Coast Guard milik Tiongkok kembali berulah di Laut China Selatan baru-baru ini.

Kemalangan itupun dialami oleh kapal nelayan Vietnam yang harus tenggelam di Laut China Selatan.

Bukan karena badai melainkan kenekatan kapal patroli berbendera China menabrak tepat di lambung kapal penangkap ikan tersebut.

Tak hanya menabrak kapal nelayan tanpa senjata, bahkan kapal patroli China itu juga merampas hasil ikan dari kapal nelayan tersebut.

Baca Juga: Ogah Tinggal Diam Lihat Kelakuan Militer Xi Jinping, 3 Kapal Induk AS Cegah Tiongkok di Pintu Masuk Laut China Selatan

Langkah nekat yang dilakukan pihak Tiongkok di Laut China Selatan itu membuat negara-negara di ASEAN geram.

Bahkan insiden terebut dianggap sebagai tanda bahwa China bersiap untuk menegakkan klaim ilegal atas wilayah di sekitar Laut China Selatan.

Mengutip dari NZ Herald, media Vietnam tersebut mengabarkan ada sebuah kapal China bernomor lambung 4006 telah menabrak kapal nelayan mereka.

Kejadian tersebut berada di dekat pulau Lincoln di Kepulauan Paracel, Laut China Selatan.

Baca Juga: Siap Pasang Badan Lindungi NKRI dari Konflik AS - Tiongkok yang Bisa Pecah Perang Sewaktu-waktu, TNI Siagakan 4 Kapal Perang di Perairan Natuna

Kepulauan tersebut memang menjadi sengketa dua negara itu bahkan sempat terjadi perang pada tahun 1974 antara China dengan Vietnam kala itu.

Source : South China Morning Post, NZ Herald

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest