Follow Us

Ogah Gentar Dikepung 3 Kapal Induk AS, China dan Korea Utara Kerjasama Siapkan Persenjataan Nuklir Tingkat Tinggi, Pakar: Dunia Lebih Berbahaya

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Selasa, 16 Juni 2020 | 12:35
(Gambar ilustrasi) Ogah Gentar Dikepung 3 Kapal Induk AS, China dan Korea Utara Kerjasama Siapkan Persenjataan Nuklir Tingkat Tinggi, Pakar: Dunia Lebih Berbahaya
KCNA

(Gambar ilustrasi) Ogah Gentar Dikepung 3 Kapal Induk AS, China dan Korea Utara Kerjasama Siapkan Persenjataan Nuklir Tingkat Tinggi, Pakar: Dunia Lebih Berbahaya

Sosok.ID - Stockholm International Peace Research Institute pada hari Senin (15/6/2020) merilis sebuah laporan yang bisa menjadi perhatian bagi banyak negara.

Laporan tersebut berkaitan dengan China yang disebut sebagai salah satu dari enam negara yang meningkatkan senjata nuklirnya dalam setahun terakhir.

Terhitung sejak tahun 2019 kemarin, China telah menambahkan 39 hulu ledak nuklir.

Sedang lima negara lain yang disebut meningkatkan persenjataan hulu ledak lain yakni India, Inggris, Pakistan, Israel, dan Korea Utara, demikian yang disebut oleh South China Morning Post.

Baca Juga: Amerika Serikat Kirim 3 Kapal Induk ke Laut China Selatan, Tiongkok Menolak Jiper, Rudal Balistik Anti-Kapal Telah Disiagakan

"China berada di tengah modernisasi dan perluasan arsenal yang signifikan, dan India dan Pakistan juga dianggap meningkatkan ukuran persenjataan nuklir mereka," kata laporan itu.

Padahal pada waktu ini, dunia telah mengurangi banyak potensi hulu ledak nuklir setelah perjanjian yang dilakukan dua negara pemilik kekuatan nuklir terbesar, Amerika Serikat (AS) dan Rusia.

Penurunan tersebut seperti yang dikutip dari South China Morning Post adalah karena pembongkaran senjata-senjata tua milik kedua negaara itu.

"Pada saat yang sama, baik AS dan Rusia memiliki program yang luas dan mahal yang sedang berlangsung untuk mengganti dan memodernisasi hulu ledak nuklir, sistem pengiriman rudal dan pesawat, dan fasilitas produksi senjata nuklir mereka," kata laporan itu.

Baca Juga: Tiongkok Semakin Nekat Serang Negara-negara ASEAN, Amerika Serikat Bertindak! Untuk Pertama Kalinya Kirim 3 Kapal Induk Sekaligus di Laut China Selatan, Perang?

Menurut laporan dari kantor berita yang sama, AS memiliki 1.750 hulu ledak yang ditempatkan di rudal atau pangkalan dengan pasukan operasional.

Source : South China Morning Post, Stockholm International Peace Research Institute

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest