Follow Us

Terlanjur Santai-santai Mengira Bakal Dibiayai Pemerintah, Pasien Isolasi Covid-19 Malah Rugi Bandar Gegara Ditagih Pihak Rumah Sakit, Terpaksa Pontang-panting Ngutang ke Tetangga untuk Lunasi Rp 6,7 Juta

Dwi Nur Mashitoh - Selasa, 16 Juni 2020 | 17:13
ILUSTRASI - Pasien isolasi Covid-19 harus membayar tagihan rumah sakit sebesar Rp 6,7 juta.
Xinhua/Chen Jing

ILUSTRASI - Pasien isolasi Covid-19 harus membayar tagihan rumah sakit sebesar Rp 6,7 juta.

Sosok.ID - Biaya perawatan pasien Covid-19 selama ini diketahui ditanggung oleh pemerintah.

Hal itu pula yang ada di benak pasien yang satu ini.

Tetapi siapa sangka, pihak rumah sakit justru memintanya untuk membayar biaya perawatan.

Di masa pandemi corona di Tanah Air, subsidi pemerintah terkait pembiayaan perawatan intensif pasien positif Covid-19 memang sangat diperlukan.

Baca Juga: Tersiar Kabar Jenazah PDP di Surabaya Hanya Dibalut Dengan Popok Hingga Buat Warga Kota Pahlawan Gempar, Ini Penjelasannya!

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/104/2020 tentang Penetapan Infeksi Corona Virus sebagai Penyakit Dapat Menimbulkan Wabah dan Penanggulangannya yang diteken Menteri Kesehatan pada 4 Februari 2020, segala bentuk pembiayaan dalam rangka upaya penanggulangan sebagaimana dimaksud diktum kedua dibebankan pada anggaran Kementerian Kesehatan, pemerintah daerah, dan/atau sumber dana lain yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Namun sayangnya, hingga 3 bulan ini, masih ada saja sebagian masyarakat yang dipungut biaya selama menjalani masa isolasi Covid-19 di RSUD M Yunus, Bengkulu.

Seperti HS, seorang wanita di Bengkulu yang harus membayar Rp 6,7 juta setelah menjalani isolasi Covid-19.

HS awalnya berkunjung ke rumah sakit untuk memeriksakan penyakit bawaan.

Baca Juga: Hampir Pecah Perang, Militer Polandia Tiba-tiba Serbu dan Tak Sadar Duduki Tempat yang Masuk Wilayah Ceko Padahal Ditugaskan Tangani Covid-19, Begini Akhirnya!

Namun sebelum menjalani pemeriksaan, HS pun diwajibkan untuk menjalani rapid test.

Source : GridHealth.ID

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Baca Lainnya

Latest