Follow Us

Saat Ketidaktegasan Jokowi Dikritik Bekas Pasangannya: Kalau Tidak Ada Larangan Mudik, Ya Mumet Aku, Harusnya Ada Aturan!

Rifka Amalia - Senin, 06 April 2020 | 12:00
(ILUSTRASI) Mudik Lebaran
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN

(ILUSTRASI) Mudik Lebaran

Sosok.ID - Presiden Jokowi telah memutuskan untuk tidak melarang masyarakat yang hendak mudik lebaran meski pandemi Covid-19 kian merebak di Indonesia.

Padahal sebelumnya, Jokowi berulang kali menyinggung soal bahaya mudik lebaran di tengah wabah.

"Diputuskan tidak ada pelarangan mudik resmi dari pemerintah," kata Pelaksana Tugas Menteri Perhubungan Luhut Binsar Panjaitan seusai rapat terbatas pada Kamis (2/4/2020), dikutip dari Kompas.com.

Ketika ditanya alasannya, jawaban Luhut seolah skeptis dengan sikap masyarakat.

Baca Juga: Fakta Emak-emak Bentak TNI Polri Tolak Isolasi Mandiri, Wali Kota Solo: Mentang-mentang Kaya Jangan Merendahkan, Nggak Mau Diatur Jangan di Solo!

Luhut menyebut besar kemungkinan jika larangan itu di terbitkan pemerintah, akan tetap dilanggar oleh sebagian masyarakat.

Sebagai gantinya, pemerintah menganjurkan agar para pemudik melakukan isolasi mandiri selama 14 hari di rumah masing-masing.

Kendati demikian pemerintah tetap mengimbau masyarakat agar tidak mudik agar tidak membawa penyakit.

"Kita imbau kesadaran bahwa kalau anda mudik, nanti bawa penyakit, hampir pasti bawa penyakit. Kalau membawa penyakit itu di daerah ada yang meninggal, bisa keluargamu," kata Luhut.

Baca Juga: Sumringahnya Kim Jong Un sampai Rela Gelontorkan Rp 51 Miliar demi Pakaian Dalam Kippumjo, Pasukan Perawan 'Pemuas Kebutuhan' Elite Militer Korea Utara

Menyikapi keputusan Presiden Joko Widodo, mantan pasangannya saat menjabat sebagai Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo angkat bicara.

Source : Kompas.com, Tribun Solo

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest