Follow Us

Jokowi Putuskan Tak Ada Larangan Mudik di Tengah Wabah Virus Corona, Luhut Panjaitan Singgung soal Sikap Rakyat: Kalau Dilarang pun Tetap Mudik

Tata Lugas Nastiti - Jumat, 03 April 2020 | 11:15
Jokowi Putuskan Tidak Ada Larangan Mudik di Tengah Wabah Virus Corona, Luhut Binsar Panjaitan Singgung soal Sikap Ngeyel Rakyat: Kalau Dilarang pun Tetap Mudik!
Kolas gambar Kompas.com/RODERICK ADRIAN MOZES dan AMBARANIE NADIA K M

Jokowi Putuskan Tidak Ada Larangan Mudik di Tengah Wabah Virus Corona, Luhut Binsar Panjaitan Singgung soal Sikap Ngeyel Rakyat: Kalau Dilarang pun Tetap Mudik!

Sosok.ID - Penyebaran virus Corona yang kian meluas dan mengganas rupanya mengancam hilangnya tradisi mudik di Tanah Air.

Ribuan orang dari zona-zona terdampak virus Corona terancam tak bisa mudik ke kampung halaman lantaran dikhawatirkan akan memperluas area sebaran wabah.

Sejumlah pemerintah daerah pun sempat mewanti-wanti kepada warga perantaunya untuk tidak mudik ke kampung halaman selama wabah virus Corona berlangsung.

Kendati demikian, keputusan ini sempat menjadi pro kontra di tengah rakyat maupun pemerintah pusat.

Baca Juga: Akui Kedua Anaknya Jadi Korban Perceraiannya dengan Krisdayanti, Anang Hermansyah Ungkap Trauma yang Mendera Sempat Buat Azriel Stress: Aurel Malah Cuek!

Ribuan perantau yang tinggal di zona-zona terdampak pun diketahui nekat colong start pulang ke kampung halaman meski telah diperingatkan.

Gelombang mudik yang melibatkan pergerakan jutaan orang pun beresiko meningkatkan persentase penyebaran virus Corona di Tanah Air.

Mau tak mau, sejumlah pemerintah daerah terpaksa mengambil langkah tanpa menunggu arahan dari pemerintah pusat.

Mulai dari menutup akses jalan masuk hingga mengkarantina para pemudik dari zona terdampak selama 2 minggu.

Baca Juga: Pernah Kesengsem Hingga Jalin Kisah Cinta dengan Istri Raffi Ahmad, Inilah Sosok Mantan Terindah Nagita Slavina yang Resmi Pinang Juragan Roti

Mengutip Kompas.com dan Tribunnews, Jumat (3/4/2020) untuk mengurai masalah ini, Presiden Jokowi telah membahasnya dalam rapat terbatas pada Senin (30/3/2020) kemarin.

Tiga hari berlalu, Jokowi meminta ada langkah tegas untuk mencegah masyarakat pulang ke kampung halaman.

Source : Kompas.com, Tribunnews.com

Editor : Tata Lugas Nastiti

Baca Lainnya

Latest