Follow Us

Teror KKB Berondong Harta Benda Warga Sipil, Buron Negara Veronica Koman Klaim Pengungsi di Timika Bukan Sebab OPM

Rifka Amalia - Minggu, 15 Maret 2020 | 08:20
Anggota Polsek Tembagapura bersama Personil TNI-Polri Satgas Nemangkawi, Jumat (6/3/2020) membantu warga di pedalaman Timika yang mengungsi menyelamatkan diri dari kekejaman KKB.
Istimewa via Gridhot.ID

Anggota Polsek Tembagapura bersama Personil TNI-Polri Satgas Nemangkawi, Jumat (6/3/2020) membantu warga di pedalaman Timika yang mengungsi menyelamatkan diri dari kekejaman KKB.

Sosok.ID - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua telah berada di sekitar kampung dan melayangkan aksi teror.

Aksi kelompok separatis ini membuat warga merasa terancam, sehingga sekitar 1.572 warga Tembagapura dievakuasi ke Timika.

Tak hanya itu, warga juga sudah mulai sulit mendapatkan kebutuhan sembako dan layanan kesehatan.

Dikutip dari Kompas, warga tidak menginginkan peristiwa November 2017 kembali terjadi.

Baca Juga: Kena Rayu, Lelaki yang Digosipkan dengan Ayu Ting-ting Ini Tanpa Pikir Panjang Sosor Pipi Nikita Mirzani di Hadapan Billy Syahputra: Gila!

Saat itu, KKB sempat memasuki kampung mereka hingga akses keluar masuk kampung terputus.

"Warga ketakutan karena kehadiran KKSB dari luar Timika masuk ke perkampungan mereka," kata Dandim 1710/ Mimika Letkol Pio L Nainggolan.

Menurut Kabid Humas Polda Papua Kombes AM. Kamal, dari keterangan warga, alasan mereka mengungsi ke Timika karena suasana di kampung sudah tidak nyaman.

KKB mengganggu masyarakat kampung lantaran meminta paksa makanan dan menodongkan senjata kepada warga.

Baca Juga: Sakit Hati Telah Dibuang Gegara Ada Laki-laki Lain yang Lebih Hebat, Pria Ini Nekat Habisi Nyawa Mantan Kekasihnya Kemudian Setubuhi Jasadnya

Dari keterangan polisi, warga yang mengungsi itu berasal dari Kampung Longsoran, Kampung Batu Besar, dan Kampung Kimbeli.

Melansir dari Antara, Septinus Magal, salah satu warga Kampung Kimbeli mengatakan situasi dan kondisi keamanan di kampungnya kini sudah tidak kondusif lagi.

Source : GridHot.ID

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest