Follow Us

Mewek Saat Hendak Ditilang, Bocah SD yang Mengendarai Sepeda Motor Gegara Disuruh Orang Tuanya untuk Memanggil Ojek Pangkalan Ini Akhirnya Dibebaskan Polisi

Dwi Nur Mashitoh - Jumat, 28 Februari 2020 | 11:13
ilustrasi tilangan
KOMPAS.com/ RINDI NURIS VELAROSDELA

ilustrasi tilangan

Sosok.id - Sesuai dengan peraturan yang berlaku, anak di bawah umur dilarang untuk membawa kendaraan bermotor.

Selain karena fisik, mental dan stabilitas emosi mereka juga menjadi alasan mengapa mereka dilarang mengendarai kendaraan bermotor.

Namun, ada saja anak-anak yang ngeyel dan nekat untuk membawa kendaraan sendiri.

Jajaran Satlantas Polres Pringsewu tidak memberikan tilang kepada pelajar Sekolah Dasar (SD) yang kedapatan mengendarai motor, Kamis, 27 Februari 2020 di Simpang Tugu Pemuda Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

Baca Juga: Bak Kesurupan, Pria Ini Ngamuk Tinggalkan Istri di Pinggir Jalan Gegara Ogah Ditilang, Polisi: Kayak Main Watak, Manggil-manggil Gajah

Kanit Dikyasa Lalu Lintas Polres Pringsewu AIPDA Yuliansyah Idrus mengatakan, bila dirinya hanya memberi hukuman kepada Bocah SD tersebut.

Hukuman tersebut, kata Yuliansyah, adalah dengan meminta pelajar SD kembali ke rumah dengan tidak mengendarai motornya, tetapi dengan menuntun atau mendorong motor tersebut.

Yuliansyah mengungkapkan, alasan tidak memberi tilang karena rasa kemanusiaan dan pertimbangan mengurangi psikologi anak yang takut terhadap polisi.

Harapannya, kata Yuliansyah, upaya tersebut dapat memberikan kesan kepada si anak, bahwa polantas masih mengedepankan pendekatan kepada anak.

Baca Juga: Ogah Ditilang Sampai Buat Polisi 'Nyangkut' di Kap Mobilnya Viral, Pengemudi Akhirnya Nangis Minta Maaf

"Sehingga tidak timbul rasa takut anak-anak terhadap polantas, tetapi polantas adalah sahabat anak-anak," kata Yuliansyah.

Source : Tribun Lampung

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Baca Lainnya

Latest