Follow Us

Serasa Masih Dijajah, Perjanjian Konyol Malaysia dengan 'Tuan' Inggris untuk Membayar Kemerdekaan Negaranya

Seto Ajinugroho - Kamis, 28 November 2019 | 11:40
Tunku Abdul Rahman, mendeklarasikan kemerdekaan Malasysia pada 31 Agustus 1957, negeri Jiran itu merdeka setelah melakukan berbagai macam perjanjian dengan Inggris sebagai penjajah mereka.
convergence.malaysiaairports.com.my

Tunku Abdul Rahman, mendeklarasikan kemerdekaan Malasysia pada 31 Agustus 1957, negeri Jiran itu merdeka setelah melakukan berbagai macam perjanjian dengan Inggris sebagai penjajah mereka.

Sosok.ID - Perjuangan merebut kemerdekaan berbagai bangsa di dunia selalu pahit dan getir.

Berjuang mengusir penjajah di negerinya sampai titik darah penghabisan demi mendapatkan kemerdekaan yang hakiki, sesungguhnya.

Sebab tak ada satupun negara yang mau jika merdeka namun masih dalam kungkungan penjajahnya.

Bahkan Amerika Serikat pun memperjuangkan kemerdekaannya dengan melewati berbagai pertempuran brutal melawan Inggris.

Pembentukan Federasi Malaya oleh Inggris pada 31 Januari 1948 merupakan cikal bakal berdirinya negara Malaysia.

Baca Juga: Kena KDRT Lalu Ditinggal Kabur Arya ke Apartemen Selingkuhannya, Ini 6 Fakta Dugaan Perselingkuhan yang Seret Marshanda! Pergoki Marshanda Video Call dengan Suaminya

Federasi Malaya atau lebih dikenali sebagai Persekutuan Tanah Melayu menggabungkan dua daerah kolonial Inggris yakni Penang dan Melaka ditambah dengan sembilan negeri Melayu yang diperintah oleh para Sultan.

Namun pembentukan Federasi Malaya ini mendapat tentangan dari Filipina dan Indonesia karena Inggris mengklaim sepihak Sabah dan Sarawak sebagai daerah jajahan mereka.

Tapi kenyataan berbicara lain, Tunku Abdul Rahman terbang ke London tahun 1957 untuk menerima penyerahan kemerdekaan dari Inggris dan pulang-pulang ke tanah air langsung menyatakan kemerdekaan Malaysia.

Ya, tak ada perjuangan berdarah-darah merebut kemerdekaan seperti bangsa-bangsa lainnya.

Baca Juga: Dapat Gaji Rp 66 Juta Hingga Kepergok Naik Mobil Mewah Harga Selangit, Mulan Jameela Malah Habis Dinyinyiri Gegara Dapurnya Kumuh!

Namun seperti istilah 'Tidak ada makan siang gratis' Inggris memberi kemerdekaan kepada Malaysia tidaklah gratis.

Source : treaties.un.org

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest