Militer AS Pusing Tujuh Keliling Panggilannya Terus-menerus Ditolak China, Pentagon Pontang-panting Cari Cara

Jumat, 28 Mei 2021 | 19:33
Da qing - Imaginechina/VCG via Global Times

China vs AS

Sosok.ID - Departemen pertahanan Amerika Serikat (AS), menginginkan pembicaraan dengan mitranya di Beijing.

Tetapi permintaan AS ditolak, China menilai militer pemerintahan Joe Biden meminta dialog dengan orang yang keliru.

Juru bicara Pentagon mengatakan, saat ini AS sedang mencari cara agar panggilan teleponnya diterima oleh China.

Dikutip Sosok.ID dari South China Morning Post, Beijing dilaporkan telah menolak tiga permintaan semacam itu dari Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin.

Baca Juga: Jamaah Kapal Filipina Dramatis Tingkatkan Pergerakan ke Laut China Selatan: Ukurannya Jadi Lebih Besar, Tapi Persenjataan Kalah Telak dari China

China menilai permintaan Austin menyimpang dari protokol, sebab Menhan AS tak ingin berbicara dengan Menhan China, melainkan yang lainnya.

Amerika Serikat mengatakan masih berusaha untuk mengatur dialog dengan kepala militer China setelah pembicaraan antara kedua militer dicegah oleh ketidaksepakatan protokol.

"Para pejabat AS pasti ingin berdialog dengan rekan-rekan kami di Beijing," ujar Juru bicara Pentagon John Kirby.

“Kami ingin berdialog dengan rekan-rekan kami di Beijing, dan kami masih mencari tahu seperti apa itu akan terlihat dan bagaimana itu akan terjadi,” katanya kepada wartawan pada hari Selasa (25/5).

Baca Juga: Kekuatan Militer China Makin Mematikan, PLA Xinjiang Kantongi Rudal dan Peluncur Roket Terbaru, Sistem Pertempuran Darat Modern Lengkap Sedang Dibuat

Tetapi Kirby tidak mengkonfirmasi laporan media mengenai Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin yang meminta diskusi telepon dengan Xu Qiliang, wakil ketua Komisi Militer Pusat China.

Permintaan itu telah ditolak oleh Beijing. Sebab menurut China, seharusnya Austin meminta berbicara dengan Menteri Pertahanan China Wei Fenghe.

Financial Times melaporkan, mengutip sumber anonim dari departemen pertahanan AS, bahwa Beijing pada tiga kesempatan menolak permintaan Austin untuk berbicara dengan Xu.

Pada hari Senin, tabloid China nasionalis Global Times mengatakan Pentagon "tidak mengikuti protokol diplomatik".

Baca Juga: Tegang, ChinaLepeh Mentah-mentah Panggilan Telepon AS, Naikkan Tensi Selat Taiwan dan Laut China Selatan di Tengah Ancaman Perang

Sumber militer China mengatakan kepada South China Morning Post bahwa pihak China menganggap rekan Austin adalah Menteri Pertahanan Wei Fenghe, bukan Xu, dan bahwa permintaan Austin telah menyebabkan pelanggaran di kementerian pertahanan China.

Sementara itu, Pentagon telah terbuka tentang keinginannya untuk melakukan diskusi bilateral tingkat atas dengan China di tengah meningkatnya ketegangan antara kedua belah pihak.

Rencana untuk mengadakan pembicaraan mengalami kemunduran dengan pembatalan forum keamanan Dialog Shangri-La, yang akan diadakan di Singapura bulan depan tetapi dibatalkan karena lonjakan kasus Covid-19 di kota negara itu.

Austin telah berencana untuk hadir sebagai bagian dari perjalanannya ke Asia, sementara China, juga akan mengirim delegasi dan mempertimbangkan untuk mengirim Wei.

Baca Juga: Mengerikan, Jet Tempur PLA Hujani Ribuan Amunisi dalam Penembakan di Laut China Selatan

Ketegangan antara militer China dan AS terus berlanjut, dengan Beijing kecewa atas kehadiran militer Amerika di wilayah tersebut.

Selasa lalu, militer China menuduh Angkatan Laut AS melakukan "provokasi" setelah kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke, USS Curtis Wilbur, berlayar melalui Selat Taiwan.

AS mengatakan itu adalah transit "rutin" sesuai dengan hukum internasional, menambahkan bahwa militer AS akan "terus terbang, berlayar dan beroperasi di mana saja yang diizinkan oleh hukum internasional".

Terlepas dari protes Beijing, kapal perang AS melanjutkan perjalanan melalui Kepulauan Paracel di Laut China Selatan yang disengketakan dua hari kemudian.

Baca Juga: Militer China dan Taiwan di Ambang Perang, Risiko Konflik Bersenjata Saat Ini Terparah Sepanjang Masa: Situasi Meledak Sekarang!

Komando Teater Selatan Angkatan Laut China mengatakan telah mengusir kapal AS, meski klaim itu dibantah AS.

Beijing juga menunjukkan ketidaksenangannya pada penarikan pasukan AS dari Afghanistan, dengan mengatakan hal itu telah menciptakan risiko keamanan di wilayah tersebut dan menuntut pasukan ditarik secara tertib.

Kirby mengatakan misi pasukan AS di Afghanistan telah selesai.

"Ancaman teroris yang berasal dari Afghanistan telah berkurang," katanya. "Tidak padam dengan cara apa pun, tapi berkurang."

Dia mengatakan itu akan menjadi "harapan kami bahwa ada proses perdamaian di Afghanistan yang dipimpin oleh Afghanistan". (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Global Times, South China Morning Post

Baca Lainnya