Terlalu Sombong Saat Bisa Kuasai Laut China Selatan dengan Mudah, Tiongkok Akhirnya Kena Getahnya Saat Gunakan Trik Sama Untuk Klaim Wilayah Tibet

Senin, 05 Oktober 2020 | 16:00
via Anadolu Agency

Terlalu Sombong Saat Bisa Kuasai Laut China Selatan dengan Mudah, Tiongkok Akhirnya Kena Getahnya Saat Gunakan Trik Sama Untuk Klaim Wilayah Tibet

Sosok.ID-China memiliki strategi salami-slicing (mengiris salami) untuk mencapai tujuan mereka dalam menguasai suatu wilayah.

Dalam bahasa militer, istilah 'mengiris salami' digambarkan sebagai strategi yang melibatkan proses memecah belah dan menaklukkan ancaman dan aliansi untuk mengatasi oposisi dan memperoleh wilayah baru.

Dalam konteks China, strategi 'mengiris salami' menunjukkan strategi perluasan wilayah di Laut China Selatan dan wilayah Himalaya.

Namun, rupanya India telah membuat lubang dalamstrategi 'mengiris salami' yang dilakukan China.

Baca Juga: Ketiban Sial, Kamboja Terjebak di Tengah Bentrok AS dan China atas Perebutan Pangkalan Militer Laut China Selatan

Sementarastrategi 'mengiris salami' Tiongkok selalu dilambangkan dengan ekspansionisme Tiongkok di Himalaya dan Laut China Selatan, New Delhi telah memastikan bahwa Himalaya tidak tereduksi menjadi Laut China Selatan lainnya.

Selama beberapa dekade, China berkeliling menindas negara lain seperti Indonesia, Vietnam, dan Filipina di Laut China Selatan.

China mengambil kendali seluruh wilayah sedikit demi sedikit tanpa perlu melepaskan satu tembakan pun.

Melansir tfipost.com, Sabtu (3/10/2020), tetapi China mengalami kegagalan ketika mencoba melakukan hal yang sama terhadap India di Ladakh Timur di sepanjang Garis Kontrol Aktual (LAC) - perbatasan de facto India-Tibet (yang dikendalikan China).

Baca Juga: Taiwan Masih Sempoyongan, Kanada malah Tantang China, Kapal Perangnya Riwa-riwi Saat Ketegangan Kian Memuncak

Menanjak tinggi pada manuver Laut Cina Selatan, Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) memulai kebuntuan militer di Ladakh Timur musim panas ini.

Tapi Angkatan Darat India terbukti terlalu sulit untuk ditangani oleh PLA yang tidak berpengalaman.

India bertekad untuk tidak mundur dan membiarkan China mendominasi wilayah India.

Mobilisasi cerminan India mengejutkan China dan segera kedua raksasa Asia itu terjebak dalam kebuntuan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang masih belum menunjukkan tanda-tanda pengurangan.

Baca Juga: Laut China Selatan Telah Ditelan, Beijing Menyalak Tak Takut Perang Saat Konflik Mengencang, Serangkaian Rudal Balistik Jadi Peringatan

Pada bulan Juni, keadaan mulai meningkat lebih lanjut dan pada tanggal 15 Juni, terjadi pertempuran sengit di daerah Lembah Galwan di Ladakh Timur.

Pertempuran tangan kosong menyebabkan pertumpahan darah besar-besaran yang mengakibatkan 20 korban di pihak India, sementara pasukan PLA dalam jumlah yang tidak diketahui dibacok sampai mati oleh Angkatan Darat India.

Hingga saat ini, Tiongkok masih ragu merilis angka korban jiwa.

Namun demikian, India terus menekan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

Baca Juga: Makin Ngotot, China Turunkan Kapal Patroli Maritim Terbesar dan Tercanggih untuk Perkuat Klaim Laut China Selatan, Sudah Siap Rebutan Kedaulatan!

Pada akhir Agustus, mimpi buruk terbesar China dari gerakan Pembebasan Tibet mulai menjadi kenyataan, ketika New Delhi tanpa menyesal menekan Pasukan Perbatasan Khusus ( SFF ) untuk bertindak.

SFF adalah kekuatan rahasia yang merekrut banyak dari pengungsi etnis Tibet yang tinggal di India.

Klaim China atas Tibet dengan demikian ditantang oleh India dan warga Tibet diberi kesempatan untuk membalas China.

Sebelum China dapat pulih dari guncangan Tibet, India menduduki ketinggian taktis di Ladakh Timur dan mengusir pasukan PLA lebih dari satu kali.

Baca Juga: BelumMulai, Malaysia Sudah 'Tergopoh-gopoh' Diajak Diskusi Empat Mata dengan China, Negara Tetangga Indonesia Jiper Duluan: Kami Mau Miltilateral!

Sekarang, dengan datangnya musim dinginn, India memiliki keuntungan besar atas tentara PLA yang tidak mampu menyesuaikan diri di medan yang keras dan iklim yang sangat dingin di Ladakh Timur.

Pasukan Angkatan Darat India telah benar-benar mematahkan mitos tentang kekuatan militer Tiongkok.

Pasukan PLA China terkejut, itulah sebabnya mereka takut menghadapi tentara India yang tegas di Ladakh Timur.

India menjadi perusak kekuatan militer China. Dan kekuatan India melawan China juga menguatkan musuh China di Pasifik Barat.

Sebelumnya, hanya Amerika Serikat yang mengincar kehidupan China.

Namun kini setelah dominasi India atas China telah menghembuskan nafas kehidupan ke dalam kelompok ASEAN juga, bahkan negara-negara seperti Indonesia pun secara terbuka memberikan ancaman kepada China.

Presiden China Xi Jinping terserang sindrom Kerajaan Tengah ketika dia mengira dia bisa membebani India di Himalaya.

Tetapi sekarang setelah Angkatan Darat India telah memberi pelajaran pada PLA, Xi mungkin memutuskan militer China untuk mundur dan kehilangan ketenarannya atau masih terus maju dan membuat tentaranya terkubur di salju Himalaya.

Baca Juga: Bukan karena Miliki Kekuatan Militer Tertinggi di Asia, Rupanya Inilah yang Buat Tiongkok Tebal Muka Pertahankan Klaim Nine Dash Line di Laut China Selatan Meski Jelas-jelas Ditentang Dunia

Karena itu Xi sangat ingin melemahkan India, tetapi itu tidak akan terjadi.

India memiliki logistiknya sendiri dan memiliki jalur yang jauh lebih baik ke lokasi perselisihan terpencil di Ladakh Timur dengan proyek jalan dan infrastruktur baru di wilayah tersebut yang diresmikan.

Bagaimanapun, India memiliki keunggulan di medan kasar dan dataran tinggi menjelang musim dingin yang akan melanda Ladakh Timur.

Secara keseluruhan, India tidak akan menyerah atau mundur.

Baca Juga: Sempat Buat AS hingga India Kebakaran Jenggot, Xi Jinping Tegaskan China Tidak Berniat Berperang dengan Negara Manapun: Baik Perang Dingin Maupun Perang Panas

Faktanya, New Delhi berada dalam posisi yang jauh lebih baik daripada Beijing.

India bisa menunggu di Himalaya yang perkasa atau bahkan pergi untuk membunuh.

Strategi'mengiris salami' milik Xi yang berhasil diterapkan di Laut China Selatan adalah kegagalan besar di Ladakh India.

Sejauh yang kita tahu, itu akan menjadi bumerang bagi China, bahkan ketika India bersiap untuk membuat China membayar atas kesalahannya.

(*)

Artikel ini pernah tayang di Intisari-Online.com dengan judul "Tanpa Perlu Lepaskan Satu pun Peluru, Laut China Selatan Berhasil Digenggam China, Tapi saat Trik Sama Diterapkan di India, Hasilnya Blunder Fatal"

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : intisari-online.com

Baca Lainnya