Pakar Militer Internasional Sebut, Negara ASEAN Termasuk Indonesia Tak Akan Bisa Netral Bila Perang AS vs Tiongkok Pecah di Laut China Selatan, Ini Penjelasannya!

Minggu, 20 September 2020 | 15:45
Navy Office of Information

Ilustrasi kapal induk milik Angkatan Laut Amerika Serikat. Pakar Militer Internasional Sebut, Negara ASEAN Termasuk Indonesia Tak Akan Bisa Netral Bila Perang AS vs Tiongkok Pecah di Laut China Selatan, Ini Penjelasannya!

Sosok.ID - Memanasnya hubungan China dengan Amerika Serikat (AS) merambah ke berbagai sektor.

Bahkan dalam beberapa bulan ini, kedua negara dengan kekuatan militer besar ini secara terang-terangan menumpuk kekuatan di satu kawasan yang sama.

Konflik kepentingan disinyalir menjadi sumbu pemantik membaranya hubungan kedua negara.

Ditambah lagi dengan isu pandemi virus corona yang dikabarkan disebarkan secara sengaja oleh China menjadikan hubungan keduanya semakin meruncing.

Baca Juga: Ngajak Gelut? Sekonyong-konyong Klaim Perairan Natuna, Media Komunis Beijing Kini Tuding Indonesia Main Trik di Laut China Selatan

Imbas semakin renggangnya hubungan kedua negara telah terlihat dengan perang pengaruh di kawasan Laut China Selatan.

Dan bila perang antar kedua negara benar terjadi di Laut China Selatan, makan akan berimbas pada negara-negara di sekitar lokasi tersebut.

Padahal sebagian besar wilayah Laut China Selatan membentang sampai ke kawasan Asia Tenggara (ASEAN) termasuk Indonesia.

Selain konflik kepentingan dengan AS, ternyata kenekatan China juga berujung dengan protes dari beberapa negara ASEAN termasuk Indonesia.

Baca Juga: Tak Sudi Dikadali Tiongkok, Kemenlu Nyatakan Indonesia Tegas Tolak Klaim Nine Dash Line di Hadapan Wakil Dubes China

Hal tersebut lantaran China menggunakan dasar penilaian Nine Dash Line yang tak sejalan dengan perjanjian internasional dalam bentuk UNCLOS.

Perjanjian tersebut adalah untuk mengatur batas wilayah laut negara-negara untuk tidak saling tumpang tindih dengan negara lain.

Melansir dari SCMP, Sabtu (19/'9/2020), Filipina telah terpojok dan harus memilih salah satu negara untuk dibela.

Hal tersebut lantaran Filipina adalah negara strategis sebagai jalur alternatif dari Pasifik menuju Laut China Selatan.

Baca Juga: Seolah Lapar Pertikaian, AS Genjot 2 Kapal Perang dan 3 Pesawat Pembom ke Laut Hitam, Rusia Ancang-ancang!

Tak hanya Filipina, sejumlah negara ASEAN yang berbatasan langsung dengan Laut China Selatan juga akan menemukan masalah bila perang antara TIongkok vs AS pecah.

“Dalam konflik Tiongkok-AS yang sebenarnya di kawasan itu, akan sangat sulit bagi kekuatan kawasan yang lebih kecil untuk mempertahankan netralitas atau tetap berada di luar konflik,” kata Olli Pekka Suorsa, seorang peneliti program keamanan maritim di S. Rajaratnam Sekolah Studi Internasional (RSIS).

Dia mencatat bagaimana “karena lokasi geostrategis mereka, sebagian besar maritim Asia Tenggara akan terlibat dalam konflik seperti itu, suka atau tidak”.

Negara-negara tersebut memiliki alasan untuk khawatir karena AS dan China terus berjuang tanpa henti untuk mendapatkan pengaruh global di berbagai bidang ekonomi dan politik, termasuk latihan angkatan laut dan udara profil tinggi di Laut China Selatan, di mana klaim Beijing ditentang oleh empat negara Asia Tenggara. dan Taiwan.

Baca Juga: Ogah Banyak Cincong atas Konflik Laut China Selatan, AS Gamblang Tantang Duel China: Kalau Mau Perang, Saya Akan Perang!

Wu Shang-su, seorang peneliti di RSIS, mengatakan "tidak ada keraguan" bahwa China sedang mempertimbangkan kemungkinan konflik AS-China, mengutip berapa banyak sistem senjatanya yang dirancang untuk melawan kemampuan militer AS.

Beberapa skenario yang akan dipertimbangkan oleh Beijing adalah yang berada di domain maritim, terutama Laut China Timur dan Laut China Selatan dan Taiwan, tambah Wu, yang sebelumnya bekerja di Universitas Pertahanan Nasional dan Legislatif Yuan di Taiwan.

"Pimpinan China akan sangat [menyadari] risiko konflik bersenjata, dan faktor kuncinya adalah keseimbangan biaya dan manfaat dari operasi semacam itu di benak mereka."

Jika hal yang tidak terpikirkan terjadi dan perang benar-benar pecah, yang pertama merasakan tekanan adalah negara-negara Asia Tenggara yang menempati lokasi-lokasi strategis yang penting.

Baca Juga: Bak Tak Tahu Malu, DuniaRemuk karena Virus yang Muncul dari Negaranya, China Justru Manfaatkan Krisis Corona untuk Perluas Klaimnya

Orang Filipina,Thailand, Malaysia, Singapura dan Indonesia masuk dalam daftar.

Menurut Wu, jika negara-negara merasa bahwa kepentingan "non-negotiable" mereka terancam oleh China, maka "wajar" mereka mendukung intervensi AS.

Ditanya tentang Thailand - sekutu perjanjian AS lainnya di Asia Tenggara - Joshua Kurlantzick, seorang rekan senior untuk Asia Tenggara di Dewan Hubungan Luar Negeri, mengatakan “meskipun hubungan AS-Thailand agak memburuk dalam beberapa tahun terakhir, saya pikir, jika itu datang ke konflik yang sebenarnya, maka Thailand akan, setidaknya pada saat ini, masih menawarkan hak pangkalan dan berlabuh kepada AS ”.

"Namun, menurut saya ini bisa berubah, dan apakah Thailand menawarkan hak pangkalan juga akan bergantung sebagian pada sifat konflik AS-China, apakah itu pertempuran kecil di Laut China Selatan, misalnya, atau sesuatu yang lebih besar."

Baca Juga: Coast Guard China Kembali Berulah, Duduki Wilayah Natuna Utara dan Enggan Diperingatkan Bakamla, Hingga Buat TNI AL Serta Kemenlu Turun Tangan, Ini Videonya!

Malaysia, Indonesia, dan Singapura juga dapat terseret ke dalam konflik karena mereka duduk di atas salah satu arteri ekonomi penting China, Selat Malaka.

Menurut Suorsa, “Beijing khawatir bahwa AS dapat memutus aksesnya ke minyak dan gas Timur Tengah, dengan cepat mengeringkan China dari sumber daya penting”.

Baca Juga: Laut China Selatan Berpotensi Perang, Prabowo dan Retno Marsudi Tegaskan Indonesia Ogah Terlibat Baku Hantam!

Para pemimpin China menyebut ini sebagai "Dilema Malaka".

“Untuk kenyataan ini,” kata Suorsa, “Malaysia dan Singapura bisa dilanda konflik kekuatan yang besar.” (*)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : afp, scmp, Reuters

Baca Lainnya