Bung Karno dan Wanita, juga Sepatu Bolong yang Pamerkan Kapalan di Pangkal Jari Kakinya: Hei, Perempuan-perempuan Cantik yang Pakai Kelom Geulis, Mari ke Sini! Duduk Dekat Saya

Jumat, 24 April 2020 | 19:00
tribunnews via gridhot.id

Bung Karno

Sosok.ID- Sosok Ir. Soekarno atau yang lebih akrab disapa Bung Karno, dikenal dunia sebagai pahlawan yang tegas dengan kalimat-kalimat penuh semangat.

Namun disamping kiprahnya sebagai pahlawan nasional, ada sisi lain dari Bung Karno yang juga lekat dengan sosoknya.

Bung Karno pernah berkata, "Dunia indah karena kaum wanita".

Kepiawaian Sang Proklamator menempatkan diri dalam keindahan itu bahkan membuatnya larut, sehingga terkesan menjadi kelemahan.

Baca Juga: Kini Dijuluki Presenter Dengan Bayaran Termahal, Artis Ini Ternyata Pernah Berprofesi Sebagai Badut Keliling

Benar atau salah, nyatanya tak sedikit wanita mengaguminya tanpa peduli akan subjek "kelemahan" atau "kekuatan"-nya, seperti di-tuturkan beberapa wanita yang pernah mengenalnya dari dekat.

Bung Karno selalu memperhatikan secara detail setiap situasi

"Sebelum berbicara di sebuah acara, ia memperhatikan siapa yang akan mendengarkan, latar belakang-nya, secara saksama," cerita Minarsih (Mien) Soedarpo, istri pengusaha Soedarpo Sastrosatomo, komisaris PT Samu-dra Indonesia yang pernah menjadi konsul RI di AS.

Bagi pihak yang diperhatikan, apalagi secara saksama, sikap Bung Karno itu bisa membuahkan seribu penafsiran.

Terutama bagi para wanita, seperti acap terungkap dalam sejarah, proklamator RI itu memiliki pesona amat besar.

Baca Juga: Kekeh dan Ogah Akui Pernyataan Wanita Bisa Hamil Gegara Berenang Itu Keliru, Komisioner KPAI Akhirnya Dipecat

Suatu saat di akhir 1950-an, Mien, mewakili Gerakan Wanita Sosialis, hadir dalarn sebuah acara di Istana Merdeka yang mengundang semua organisasi wanita.

Halaman belakang istana penuh, banyak undangan yang berdiri karena tak kebagian kursi.

Bung Karno berteriak, "Hei,hei, wanita-wanita cantik yang pakaikelom geulis(bakiak cantik Bandung yang waktu itu sedang jadi mode - Red.), mari ke sini! Duduk dekat saya."

Kontan, para wanita berlarian mendekati Bung Karno.

Baca Juga: Kesal Gegeara Istrinya Tak Mau Diajak Berhubungan Badan, Pria Ini Balas Dendam Dengan Gauli Sang Anak Berkali-kali

"Yang sudah bersusah-payah mendapatkan kursi rela kehilangan. Semua berebut untuk mendekat. Begitu kuatnya daya tarik Bung Karno!" kenang Mien.

Garansi Bung Karno

Presiden pertama RI itu memang ramah dan tahu tata krama. Di hadapan wanita ia sangat mampu menempat-kan diri, bahkan di hadapan wanita yang menarik perhatiannya, ia tahu diri manakala ditolak atau situasi tidak memungkinkan.

Mien yang sudah kenal Bung Karno sejak 1946, karena ayahnya, Wiranatakusumah, adalah Mendagri kabinet pertama dan kemudian menjadi ketua DPA, suatu ketika diundang Bung Karno dan Ny.Fatmawati (ketika itu sedang mengandung Megawati) ke Yogyakarta.

Dari Yogya mereka ke Magelang karena Bung Karno ingin dipijat oleh istri Bupati Magelang, Sujudi, yang pintar memijat.

Baca Juga: Masih Mau Nekat Mudik di Tengah Pandemi Covid-19? Pikirkan Dulu Sanksi yang Diberikan Pemerintah Indonesia Ini!

"Kami dibawa dengan mobilseven seats. Di depan ada sopir dan ajudan, di tengah dan belakang ada Bung Karno, Bu Fat, ipar saya, keponakan, dan saya," kenang Mien.

Dalam perjalanan itu, Ny. Fatmawati yang sedang mengidam, setiap saat minta berhenti untuk membeli apa saja yang dia inginkan.

Bung Karno menuruti saja, banyak tertawa menanggapi kemanjaan istrinya.

Mien ingat, Ny. Fatmawati bilang, "Dulu saya diramalkan kawin dengan orang kaya."

Mendengar itu, Bung Karno menanggapi, "Bukankaya materi, tapi kaya pengalaman."

Baca Juga: Di Antara Hamparan Air Sungai Musi nan Luas, Pria Ini Kagum dan Terkejut Lihat Lafal Allah Terbentuk dari Batang Enceng Gondok: Seakan Alam Ikut Berzikir..

Mien lalu menyimpulkan, Presiden Soekarno memberi perhatian besar pada soal moralitas dan kepribadian ketimbang materi, dan itu mendasari sikapnya dalam berhubungan dengan banyak orang.

Soal ini Mien juga pernah merasakan hikmahnya ketika ia dilamar oleh Soedarpo Sastrosatomo melalui orang tuanya.

Ayah Mien yang belum tahu Soedarpo menanyakannya kepada Bung Karno.

Jawabnya, "Oh, saya kenal Soedarpo. Ia asisten Perdana Menteri Sjahrir. Saya menggaransinya."

Baca Juga: Kim Jong Un Terancam Nyawanya, Jika Mau Sedari Dulu Korea Selatan Sudah Bunuh Diktator Korut Itu dengan Senjata Mematikan Ini

Intisari
Intisari

Titiek Puspa

Penuh wibawa namun sopan

Penyanyi dan pencipta lagu Titiek Puspa pun melihat betapa Bung Karno bisa menempatkan diri saat berhadapan dengan orang yang baru dikenal. Ketika itu tahun 1959, tak lama setelah Titiek hijrah ke Jakarta dari Semarang.

Sebagai peraih gelar Bintang Radio, ia diundang untuk menyanyi di Istana Merdeka.

Bung Karno mengampirinya dan bilang, "Oh, ini to yang namanya Titiek Puspa," sambil mengulurkan tangan. Penuh wibawa tapi amat sopan. Titiek merasa tenang, tidak minder, apalagi takut.

Sejak itu Titiek menjadi penyanyi istana bersama penyanyi dan pemusik lain seperti Nien dan Jack Lesmana, Fetty Fatimah, Mus Mualim, dll. Mereka dijuluki "Lensoist" karena setiap saat mengiringi para undangan menari lenso.

Baca Juga: Peduli Tubuhmu: Perhatikan Kulit Leher Belakang Anda, Jika Menebal dan Terlihat Hitam Bisa Jadi Tanda Penyakit Berbahaya ini!

Dalam masa Bung Karno membenci musik Barat yang diistilahkannya "Ngak-ngik-ngok", Titiek menyanyikan lagu ciptaannya, Marilah Kemari, yang berirama cepat.

Bung Karno langsung menghardik, "Eit, siapa yang meminta lagu itu?! Ayo ganti lagu, kita berlenso saja!" Titiek yang ketakutan, belakangan lega karena yang dimarahi bukan diriya, melainkan orang yang meminta dia melagukannya.

"Tapi marahnya tidak berpanjang-panjang. Malah menurut saya Bung Karno tidak marah, kok. Cuma gusar," kenang Titiek.

Di situlah Titiek Puspa tahu Bung Karno orang yang sangat imbang, bijak, sekaligus penuh penghargaan. Titiek cukup dekat dengan Bung Karno, dan hubungan keduanya bagaikan bapak dengan anak.

Baca Juga: Targetkan Wiranto! Pelaku Serangan Menyesal Tusukan Pisaunya Nyasar ke Dada dan Bahu Ajudan: Saya Minta Maaf, Niat Saya Hanya Ingin Melukai Pak Menteri

Dalam banyak perjamuan Titiek kebagian "tugas" mengupaskan mangga untuk Bung Karno.

"Beberapa kali saya diberi uang langsung dari kantong celananya, didepan banyak orang. Katanya buat belanja atau untuk dibagi dengan teman-teman.

Padahal honor dari sekretariat presiden tetap dibayarkan. Bagi saya, perlakuan itu sungguh mengesankan, tidak soal jumlah uangnya berapa. Sangat manusiawi.

Kita bisa membayangkan, betapa presiden pada masa itu mengeluarkan sendiri uang dari saku celana, tidak main tunjuk lantas orang lain yang sibuk mengeluarkan uang," lanjut Titiek.

Baca Juga: Detik-detik Pencurian Lukisan van Gogh Senilai Rp 49,7 Miliar Terekam CCTV, Ini Kronologinya!

Intisari
Intisari

Rima Melati

Sepatu bolong

Bung Karno memang dikenal apa adanya, tidak hipokrit, dan tidak banyak menyembunyikan kenyataan.

Salah satu yang diingat Titiek Puspa adalah perihal sepatunya yang berlubang di salah satu bagian ujung, katanya agar tidak mengganggu pangkal jarinya yang bengkak oleh mata ikan.

"Banyak orang tahu, beliau tidak sungkan memperlihatkan jarinya yangbubulensehingga perlu sepatu khusus," sambung Titiek.

Rima Melati, aktris sutradara dan rnantan peragawati awal mulanya tidak tahu sepatu berlbang itu membawa alasan medis pemakainya.

Baca Juga: Belum Juga Rampung Sejak Desember 2019, Virus Corona Disebut-sebut Telah Bermutasi di Berbagai Negara, Bagaimana Dengan Indonesia?

"Tadinya saya cuma heran, lo kok sepatu Bapak bagus-bagus tetapi bolong. Sambil ketawa Bung Karno bilang, jarinya kena mata ikan. Terus tanpa sungkan memperlihatkannya," kata Rima, yang tahun 1959 sampai awal 1960-an cukup dekat dengan Presiden Soekarno karena sering meramaikan acara di Istana Merdeka maupun Istana Bogor.

Ia salah satu dari empat personel Baby Dolls yang terdiri atas Rima Melati, Baby Huwae (meninggal tahun 1989), Gaby Mambo, dan Indriati Ishak.

Bung Karno kebetulan pernah dikenal Rima di masa kecil. Ketika presiden itu memerintah di Yogyakarta, sekitar Clash II tahun 1949, Rimapernah diajak orangtuanya berkunjung.

Baca Juga: Sedang Hadapi Pandemi, Peneliti Internasional Ini Temukan Gejala Tsunami Besar di Indonesia, Begini Penjelasannya!

Sepuluh tahun kemudian, Rima yang sudah menjadi bintang film, bertemu lagi dengan Bung Karno di Jakarta. Sejak itu ia sering ter libat dalam ba-nyak kegiatan di istana.

Suatu saat ibunya, perancang dan perintis dunia mode Indonesia, Non Kawilarang, pergi ke Hongkong.

Rima yang tomboi sejak remaja, ingin memakai mobil ibunya. Sayang ia tak punya uang untuk membeli BBM secara rutin.

Maka ia minta kepada Bung Karno agar diizinkan mengisi tangki mobilnya di pompa bensin istana. Ternyata diizinkan.

Baca Juga: Fakta Pengepul Rongsok Dini Hari Lari ke Sawah Curi Padi, Miskin dan Sakit-sakitan tapi Keluarga Butuh Makan, Reaksi Warga dan Pihak Kepolisian Tak Terduga

"Kalau kebetulan Bung Karno ada, saya mampir dan ngobrol-ngobrol. Beliau banyak memotivasi saya, memberi saran untuk membaca buku tokoh-tokoh wanita dunia, dan bercerita tentang banyak hal," kata Rima

Terkait nama Rima Melati juga ada ceritanya. Sekitar awal 1960-an Bung Karno suka mengganti nama orang yang dikenalnya, yang dirasa kebarat-baratan.

Maka nama Baby Huwae disarankan untuk diganti Lokita Purnamasari dan sampai akhir hayatnya Baby Huwae memakai nama itu.

Sedangkan Marjolein Tambajong, panggilannya Leintje, nama asli Rima Melati, memang pernah dikatakan kebarat-baratan oleh Bung Karno.

Baca Juga: Kibaskan Ekor Bak Jomblo Perawan, Ibu Rumah Tangga Ini Sukses Gaet Hati Lelaki Bujang, Ngaku Tajir Melintir tapi Duit Resepsian Rp 450 Juta Digondol buat Liburan

Marjolein yang ketika itu sedang mengandung anak kedua, ingin memberi nama Rima kepada si anak jika perempuan.

la diilhami tokoh Rima the Bad Girl dalam film Green Mansions (1959) yang diperani Audrey Hepburn.

"Sayang, janin itu meninggal sebelum dilahirkan. Leintje, yang terpukul, menceritakan peristiwa itu kepada Bung Karno, sekaligus mengutarakan keinginannya untuk mengambil alih nama Rima, dikombinasi dengan "Melati".

"Bung Karno bilang 'That's a good name'. Sejak saat itu beliau selalu memanggil saya Rima Melati. Kepada setiap orang beliau memperkenalkan saya sebagai Rima Melati." (Nieko Oktavi)

Artikel ini telah tayang di Intisari.ID dengan judul:Kisah Saat Bung Karno Berucap 'Hei Wanita yang Pakai Kelom Geulis, Mari Duduk Dekat Saya,' Kontan Para Wanita Berlarian dan Berebut Kursi Mendekatinya

Editor : Rifka Amalia

Sumber : intisari online

Baca Lainnya