Follow Us

Indonesia dan ASEAN Bak Diludahi, Australia Beli Kapal Selam Nuklir

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Sabtu, 11 Maret 2023 | 20:42
Australia akan bangun kapal selam nuklir yang bisa ancam perdamaian di ASEAN
tangkapan layar Quora

Australia akan bangun kapal selam nuklir yang bisa ancam perdamaian di ASEAN

Sosok.ID - Kabar mengejutkan datang dari negara tetangga Indonesia, Australia yang mendatangkan 5 kapal selam nuklir dari Inggris dan Amerika Serikat (AS).

Padahal beberapa waktu sebelumnya, lewat Menteri Luar Negerinya, Indonesia yang kini menjabat sebagai Ketua negara-negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) telah menyinggung soal senjata nuklir.

Bahkan dalam pernyataan resmi Menlu Retno Marsudi menyebut ASEAN telah bersepakat tidak boleh adanya penggunaan senjata nuklir di kawasan Asia Tenggara.

Namun siapa sangka, baru-baru ini keputusan Australia dengan mendatangkan 5 kapal selam nuklir tersebut bak meludahi keputusan negara-negara di ASEAN.

Mengingat Australia merupakan tetangga dari sejumlah anggota ASEAN.

Melansir dari Al Jazeera, Kamis (9/3/2023) Australia telah bersepakat akan mendatangkan 5 kapal selam nuklir lewat aliansi pertahanan Australia, Inggri, dan Amerika Serikat (AUKUS).

Setidaknya lima kapal selam tenaga nuklir kelas Virginia dari AS akan didatangkan oleh militer Australia.

Rencana pembelian kapal selam nuklir tersebut, dalam waktu dekat ini akan dimulai dengan kunjungan satu unit kapal selam dari AS ke Australia.

Sementara itu, pembangunan kapal selam nuklir dari ketiga negara itu akan dilakukan pada akhir tahun 2030 mendatang.

Mengutip dari Reuters, seorang pejabat AS mengungkapkan bahwa kapal selam nuklir Australia itu akan dilengkapi dengan desain dan teknologi canggih.

Senin (13/3/2023) Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese akan menemui Presiden AS Joe Biden dan PM Inggris Rishi Sunak di San Diego untuk membahas terkait kerja sama kapal selam nuklir tersebut.

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest