Follow Us

Niat Puasa Sunnah Nisfu Sya'ban dan Pandangan UAS Soal Dalilnya

Rifka Amalia - Selasa, 07 Maret 2023 | 18:57
Inilah tata cara dan niat puasa sunnah Nisfu Sya'ban. Ustaz Abdul Somad jelaskan soal dalil yang daif.
Pixabay

Inilah tata cara dan niat puasa sunnah Nisfu Sya'ban. Ustaz Abdul Somad jelaskan soal dalil yang daif.

Sosok.ID - Sambut Nisfu Sya'ban 2023, inilah tata cara dan niat puasa sunnah Nisfu Sya'ban.

Mengutip Kompas.com, pengamatan hilal yang dilakukan oleh Balai Rukyat NU menyatakan bahwa malam Nisfu Sya'ban 2023 jatuh pada Selasa (7/3/2023) dam Rabu (8/3/2023).

Pada saat Nisfu Sya'ban, umat Muslim sebaiknya melakukan ibadah sebanyak-banyaknya. Sebab di bulan Sya'ban Allah SWT menurunkan banyak keberkahan.

Beberapa ibadah yang bisa dilakukan umat Muslim di saat Nisfu Sya'ban antara lain salat taubat, salat tasbih, maupun berpuasa sunnah Nisfu Sya'ban.

Dikutip dari NU Jabar, Syekh Nawawi dalam kitab Nihayatuz Zain fi Irsyadil Mubtadi-in menyampaikan bahwa mereka yang berpuasa di bulan Sya'ban, akan mendapat syafaat Rasulullah SAW di hari kiamat.

وَالثَّانِي عَشَرَ صَوْمُ شَعْبَانَ، لِحُبِّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صِيَامَهُ. فَمَنْ صَامَهُ نَالَ شَفَاعَتَهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya, “Puasa sunnah yang keduabelas adalah Puasa Sya’ban, karena kecintaan Rasulullah saw terhadapnya. Karenanya, siapa saja yang memuasainya, maka ia akan mendapatkan syafaat belau di hari kiamat.” (Muhammad bin Umar Nawawi al-Jawi, Nihâyatuz Zain fi Irsyâdil Mubtadi-în, [Bairut, Dârul Fikr], h. 197).

Niat Puasa Nisfu Sya'ban

Berikut merupakan niat puasa sunnah Nisfu Sya'ban

نَوَيْتُ صَوْمَ شَعْبَانَ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma sya’bâna lilâhi ta’âlâ.

Artinya, “Saya niat puasa Sya’ban karena Allah ta’âlâ.

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest