Follow Us

Apa Itu Niat dan Mengapa Penting Bagi Umat Islam

Rifka Amalia - Jumat, 24 Februari 2023 | 08:09
Apa itu niat dan pentingnya niat bagi umat Islam.
Freepik

Apa itu niat dan pentingnya niat bagi umat Islam.

Sosok.ID - Bicara soal niat, mungkin sudah tak asing di telinga umat Muslim. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan niat?

Saat melaksanakan sebuah amalan, kita selalu membutuhkan niat. Niat adalah amaliyah qolbiyah atau amalan hati yang hanya diketahui oleh masing-masing pribadi dan Allah SWT.

Niat dapat pula diartikan sebagai motif seseorang dalam melakukan perbuatan.

Apa Itu Niat?

Mengutip via laman Universitas Islam Indonesia (UII), secara bahasa niat berarti al-qasd atau keinginan.

Secara istilah syar'i, niat adalah azam atau tekad mengerjakan ibadah secara ikhlas karena Allah SWT, yang letaknya di dalam hati/di dalam batin.

Dalam Kitab Jami' Al 'Ulum wa Al Hikam I, dijelaskan bahwa niat adalah upaya seseorang mengendalikan diri sebelum beramal.

Al-Fadhl bin Ziyad berkata, “Aku pernah bertanya kepada Abu Abdullah -yakni Ahmad- tentang niat dalam beramal. Aku bertanya, ‘Apakah niat itu?’ Beliau menjawab, ‘Seseorang mengendalikan dirinya ketika hendak beramal agar tidak menginginkan pujian manusia.’” (Kitab Jami’ Al ‘Ulum wa Al Hikam I/26).

Sementara Amirul Mukminin Abu Hafsh ‘Umar bin Al-Khattab, mengatakan bahwa ia mendengar perkataan Rasulullah SAW soal niat, bahwa setiap amalan tergantung oleh niatnya.

Hadis tersebut merupakan hadis populer yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim, berbunyi:

“Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya untuk Allah dan Rasul-Nya. Siapa yang hijrahnya karena mencari dunia atau karena wanita yang dinikahinya, maka hijrahnya kepada yang ia tuju.”

Pentingnya Niat Bagi Umat Islam

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest