Follow Us

Tentang Niat dan Haditsnya, Niat Lebih Penting daripada Amal

Rifka Amalia - Minggu, 26 Februari 2023 | 18:44
Hadits tentang niat. Melakukan segala sesuatu selalu membutuhkan niat. Niat merupakan syarat diterima atau tidaknya sebuah amal perbuatan.
Pixabay

Hadits tentang niat. Melakukan segala sesuatu selalu membutuhkan niat. Niat merupakan syarat diterima atau tidaknya sebuah amal perbuatan.

Sosok.ID - Hadits tentang niat. Melakukan segala sesuatu selalu membutuhkan niat. Niat merupakan syarat diterima atau tidaknya sebuah amal perbuatan.

Niat letaknya di dalam hati, oleh karenanya niat disebut juga sebagai amaliyah qolbiyah atau amalan hati.

Amalan hati itu, hanya diketahui oleh Allah SWT dan orang yang meniatkannya.

Niat juga tidak akan mendatangkan pahala jika tidak diniatkan karena Allah SWT.

Salah satu hadits tentang niat yang diriwayatkan dua imam hadits Abu Abdullah Muhammad bin Isma’il bin Ibrahim bin Al Mughirah bin Bardizbah Al Bukhori dan Abu Al Husain, Muslim bin Al Hajjaj bin Muslim Al Qusyairi An Naishaburi.

“Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khottob radiallahuanhu, dia berkata: Saya mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan.

Siapa yang hijrahnya karena (ingin mendapatkan keridhaan) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada (keridhaan) Allah dan Rasul-Nya.

Dan siapa yang hijrahnya karena dunia yang dikehendakinya atau karena wanita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya (akan bernilai sebagaimana) yang dia niatkan”.

Hadits lain diriwayatkan oleh Umar bin Khatab, berbunyi:

إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُهَا أَوْ امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

Artinya: “Sesungguhnya amal perbuatan itu diiringi dengan niat, dan sesungguhnya bagi setiap insan akan memperoleh menurut apa yang diniatkan. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka dibenarkan hijrahnya itu oleh Allah dan Rasul-Nya;Dan barang siapa hijrahnya untuk dunia yang hendak diperoleh atau wanita yang hendak dipersunting, maka ia akan mendapatkan apa yang diingini itu saja.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Niat bahkan lebih penting daripada amal. Hal inis esuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi:

Editor : Sosok

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest