Follow Us

Kisah Nabi Musa Kagumi Umat Nabi Muhammad hingga Ingin Memilikinya

Rifka Amalia - Kamis, 20 Oktober 2022 | 19:03
Kisah Nabi Musa Kagumi Umat Nabi Muhammad hingga Ingin Memilikinya
Ilustrasi/Pixabay

Kisah Nabi Musa Kagumi Umat Nabi Muhammad hingga Ingin Memilikinya

Sosok.ID - Banyak sekali kisah-kisah Nabi yang dapat diteladani oleh umat manusia. Salah satunya yakni kisah Nabi Musa AS kala mengagumi umat Nabi Muhammad SAW.

Nabi Muhammad SAW merupakan Nabi terakhir yang diutus oleh Allah SWT untuk menyempurnakan agama pendahulunya.

Bukan hanya ajaran yang dibawanya sempurna, umat Nabi Muhammad SAW juga merupakan yang terbaik dibanding umat-umat terdahulu.

Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT QS. Ali Imran: 110 yang artinya:

“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.” (QS. Ali Imran: 110).

Meskipun Nabi Muhammad hidup jauh setelah kehidupan Nabi Musa, namun rupanya kabar mengenai diutusnya Nabi Muhammad telah lama didengar Nabi Musa AS.

Nabi Musa AS saat membaca al-alwah (kitab) mengetahui informasi mengenai keistimewaan sekelompok umat yang belum pernah ada sebelumnya.

Nabi Musa AS merasa sangat kagum dengan sekelompok umat tersebut, hingga menginginkan agar mereka menjadi umatnya.

Cerita mengenai kekaguman Nabi Musa terhadap umat Nabi Muhammad disampaikan oleh Wahab Ibn Munabih seorang pemuka tabi’in ahli sejarah, dalam kitab Sabil al-Addikar karya Syekh Al-Habib Abdullah ‘Alawi Al-Haddad, seperti dikutip Sosok.ID dari islam.nu.or.id.

Dikisahkan, Nabi Musa AS bertanya kepada Allah SWT mengenai keistimewaan umat tersebut.

Nabi Musa berkata, "Wahai Rab-ku! Siapakah umat Muhammadiyah (bangsa Nabi Muhammad) yang saya temukan di alwah? (wahyu kitab taurat yang tertulis dalam bentuk lembaran)."

Allah menjawab: “Mereka adalah umat Ahmad (Nabi Muhammad ﷺ). Mereka ridha dengan sedikit rezeki yang kami berikan. Kami pun ridha kepada mereka dengan sedikitnya amal. Sebagian dari mereka akan dimasukkan ke dalam surga dengan bersaksi tiada tuhan selain Allah."

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest