Follow Us

Curangnya TikTok, Ambil Untung 70 Persen dari Streaming Berjam-jam Mengemis Pengungsi Suriah

May N - Kamis, 13 Oktober 2022 | 16:17
(Ilustrasi) Pejuang pro-pemerintah Suriah mengendarai tank mereka melewati warga sipil yang melarikan diri dari Aleppo timur pada 2016
Tangkap Layar The National News

(Ilustrasi) Pejuang pro-pemerintah Suriah mengendarai tank mereka melewati warga sipil yang melarikan diri dari Aleppo timur pada 2016

Sosok.ID - Nasib naas dialami oleh keluarga pengungsi di kamp-kamp Suriah.

Mereka mengemis untuk sumbangan di TikTok, tapi tragisnya TikTok mengambil sampai 70% hasil mereka.

Investigasi BBC menyebutkan anak-anak pengungsi Suriah melakukan streaming langsung di TikTok selama berjam-jam dengan memohon hadiah digital dengan nilai tunai.

Streaming dilaporkan menghasilkan sampai USD 1000 per jam, tapi ternyata orang-orang di kamp hanya menerima sebagian kecil dari hasil tersebut.

TikTok mengatakan akan segera mengambil tindakan terhadap "pengemis eksploitatif."

Disebutkan oleh TikTok konten mengemis tidak diizinkan di platform mereka, sehingga komisi dari hadiah digital secara signifikan kurang dari 70%.

Meski begitu, perusahaan menolak mengkonfirmasi jumlah pastinya.

Sudah sejak awal tahun pengguna TikTok melihat timeline mereka diisi streaming langsung yang dilakukan oleh keluarga di kamp-kamp Suriah.

Dukungan dari beberapa pemirsa muncul, bersamaan dengan kekhawatiran tentang penipuan dari orang lain.

BBC temukan tren ini difasilitasi oleh yang disebut sebagai "perantara TikTok" yang menyediakan telepon dan peralatan untuk ditayangkan kepada keluarga.

Hal ini marak di kamp-kamp barat laut Suriah.

Para perantara mengatakan mereka bekerja dengan agensi yang berafiliasi dengan TikTok di China dan Timur Tengah, memberi keluarga akses ke akun TikTok.

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest