Follow Us

Pemilu Malaysia di Depan Mata, Partai yang Pernah Berjaya Ini Terpecah Disebabkan Agenda Membebaskan Sosok Megakoruptor yang Istrinya Hidup Bergelimang Harta

May N - Kamis, 08 September 2022 | 19:21
Rosmah Mansor
AFP

Rosmah Mansor

Sosok.ID - Dengan dipenjaranya eks PM Malaysia Najib Razak disebabkan korupsi maka terjadilah perpecahan yang semakin dalam pada Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) yang berkuasa.

Perpecahan partai pun mengintai, tepat ketika pemilu Malaysia di depan mata.

Satu kubu UMNO berusaha menjauhkan diri dari mantan pemimpin yang baru dipenjara tetapi masih berpengaruh, sementara faksi saingan merangkul narasi "keadilan ditolak," sebuah tema penganiayaan yang diperkirakan para analis akan dimainkan untuk memenangkan suara dalam perburuan.

Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob tampaknya lebih suka melihat ke depan dan mengabaikan politik keluhan demi hasil ekonomi, seperti dilansir dari Asia Times.

Perdana menteri diperkirakan akan secara pribadi membahas apa yang akan menjadi anggaran nasional terbesar negara itu bulan depan, yang menurut para analis kemungkinan akan menandakan pembubaran parlemen dan menyerukan pemilihan awal.

Presiden UMNO Ahmad Zahid Hamidi, di sisi lain, telah menjelaskan bahwa dia mendukung Najib.

Pengamat berspekulasi bahwa pemimpin partai, yang menghadapi kemungkinan korupsi dan pencucian uang yang juga dapat mengirimnya ke penjara, bermaksud untuk merekayasa pemecatan Ismail setelah kemenangan pemilihan yang diharapkan dalam kapasitasnya sebagai ketua koalisi pemerintahan Barisan Nasional (BN).

“Zahid dan Najib tetap sangat berpengaruh dalam hierarki partai UMNO,” kata Francis Hutchinson dari Program Studi Malaysia di Institut ISEAS-Yusof Ishak Singapura.

“Mesin partai secara terbuka mendukung Zahid dan Najib, dan 'pengawal lama' mengirimkan pesan bahwa calon calon parlemen harus mengikuti garis jika mereka ingin diturunkan."

Posisi Zahid sebagai pemimpin UMNO dan ketua BN memberinya keleluasaan atas pemilihan kandidat pemilu dan pada akhirnya siapa koalisi yang memutuskan untuk menunjuk sebagai perdana menteri jika memenangkan pemilu.

UMNO secara khusus mengamandemen konstitusinya awal tahun ini untuk memungkinkan pemilihan internal partai diadakan enam bulan setelah pemilihan umum, mencegah tantangan terhadap pemerintahan Zahid.

Ismail berada di peringkat lebih rendah dalam hierarki partai dan merupakan perdana menteri pertama UMNO yang bukan presiden partai.

Editor : May N

Baca Lainnya

Latest