Follow Us

Pantas Malaysia Hanya Pasrah Saat Diobok-obok China, Rupanya Negeri Panda Pernah Selamatkan Malaysia dari Kebangkrutan, Gara-Gara Uang Negara Dikorupsi Habis-Habisan

Afif Khoirul M - Rabu, 02 Desember 2020 | 13:35
Najib Razak pemimpin Malaysia yang dituduh dalam skandal 1MDB.
Wikimedia

Najib Razak pemimpin Malaysia yang dituduh dalam skandal 1MDB.

Sosok.ID - Malaysia pernah di ambang kebangkrutan gara-gara skandal mega korupsi 1MDB yang melibatkan mantan Perdana Menteri Najib Razak.

Keuangan negara yang digarong habis-habisan membuat negara itu jatuh dalam utang besar-besaran, sampai harus putar otak untuk membayarnya.

Salah satunya adalah meminta bantuan pada China untuk mendapatkan uang untuk menutupi kerugian akibat korupsi tersebut.

Menurut Reuters, Malaysia pernah menjual salah satu aset berharganya kepada China.

Baca Juga: Berani Tantang Amerika untuk Perang hingga Klaim Militer Terkuat di Bumi, Terungkap Bobroknya Pasukan Militer China, Bahkan Dianggap Terlemah di Dunia, Ini Alasannya

Aset energi itu dijual ke China General Nuclear Power Corporation (CGN) dan anak perusahaannya senilai 9,83 miliar ringgit (Rp34 triliun), sebagai langkah untuk memotong utang.

1MDB, adalah skandal yang melibatkan mantan Perdana Menteri Najib Razak, yang perlu melepaskan aset untuk mengurangi tumpukan utangnya.

Utang Malaysia saat itu diperkirakan, 11 miliar dollar AS (Rp38 triliun), Najib Razak yang memimpin dewan penasihan 1MDB dinilai melakukan korupsi tersebut.

Akibatnya Malaysia harus melakukan langkah salah satunya menjual aset energinya ke China.

Halaman Selanjutnya.............

Source : Intisari Online

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest