Follow Us

Sosok Sayuti Melik, Menolak Jabatan Mentereng Meski Jadi Pengetik Naskah Proklamasi, 'Paling Lama 5 Atau 10 Tahun Lagi Saya Hidup, Saya Tak Mau Menodai Perjuangan Saya'

Dok Grid - Selasa, 15 Agustus 2023 | 11:42
Naskah proklamasi yang diketik oleh Sayuti Melik
ANRI

Naskah proklamasi yang diketik oleh Sayuti Melik

Sosok.ID - Nama Sayuti Melik tak lepas dari detik-detik berkumandangnya proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Beliau merupakan orang yang mengetik naskah proklamasi yang kemudian dibacakan oleh Soekarno.

"Proklamasi. Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal jang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain, diselenggarakan dengan seksama dan dalam tempo jang sesingkatnja. Djakarta 17 Agustus 1945 Atas nama Bangsa Indonesia Soekarno-Hatta."

Itulah naskah resmi Proklamasi kemerdekaan Indonesia yang diketik oleh Sayuti Melik dari perubahan naskah tulisan tangan oleh Soekarno.

Sayuti Melik, laki-laki kelahiran Sleman, Yogyakarta ini pejuang militan sejak muda.

Sekitar 17 tahun waktunya ia habiskan di penjara.

Tatkala berusia 25 tahun, sudah delapan tahun dia meringkuk dalam Penjara Digul.

la mulai berjuang sejak berusia 16 tahun, waktu itu masih pelajar Sekolah Guru di Solo. Salah seorang gurunya dalam perjuangan adalah Ali Archam.

Baru kemudian dia menjadi murid Bung Karno. la tertarik kepada PKI oleh karena di sanalah semangat radikal dan revolusionernya terpenuhi.

Kemudian setelah mempelajari ajaran Bung Karno dan buku-buku Marxisme-Leninisme lebih mendalam, serta kenyang keluar masuk penjara, keyakinannya berubah.

Tetap menjunjung Marxisme, tetapi Marxisme yang diterapkan dalam kondisi-kondisi di Indonesia.

Pada tahun 1933 Sayuti keluar dari Penjara Digul, lalu bekerja sebagai cattle attendant (penjaga ternak) pada kapal asing.

Editor : Sosok

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest