Follow Us

Tak Ada Kapoknya! China Nekat 'Simulasi Perang' di Laut China Selatan Saat Joe Biden Kunjungi Asia

Rifka Amalia - Sabtu, 21 Mei 2022 | 21:00
Ilustrasi - Latihan militer China
Burkitt, Janet, CTR, DIMOC JCCC

Ilustrasi - Latihan militer China

Sosok.ID - Pasukan Xi Jinping, nekat mengadakan latihan militer di Laut China Selatan saat Presiden Amerika Serikat kunjungi Asia.

Dilansir dari NBC News, Sabtu (21/5/2022), Joe Biden dikatakan telah tiba di Korea Selatan pada kunjungan pertama ke Asia sebagai presiden.

Di sisi lain, China mengadakan latihan militer di Laut China Selatan yang disengketakan bertepatan dengan kunjungan Presiden Joe Biden ke Korea Selatan dan Jepang.

Kunjungan itu sebagian besar difokuskan untuk melawan ancaman yang dirasakan AS dari Beijing.

Kantor Administrasi Keselamatan Maritim China di provinsi pulau selatan Hainan mengatakan latihan itu dimulai Kamis dan akan berlanjut hingga Senin.

Dikatakan pesawat dan kapal lain akan dilarang memasuki daerah itu tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut. Cina mengklaim Laut Cina Selatan hampir secara keseluruhan dan jalur air yang penting telah menjadi titik nyala potensial untuk konflik di Asia.

AS tidak mengambil posisi dalam masalah kedaulatan di Laut China Selatan, tetapi mereka bersikeras pada hak untuk beroperasi secara bebas di laut tersebut dan sering kali berlayar dengan kapal perang di dekat pulau-pulau yang dikuasai militer China di daerah yang disebut operasi kebebasan navigasi.

China secara rutin memprotes tindakan AS, melabelinya sebagai provokasi yang disengaja yang membahayakan perdamaian dan stabilitas.

Untuk menegaskan klaimnya, China bahkan telah membangun landasan terbang dan infrastruktur militer lainnya di atas pulau-pulau buatan yang dibangun di atas terumbu karang dan atol.

Brunei, Malaysia, Filipina, dan Taiwan juga melakukan klaim yang tumpang tindih dengan China di Laut Cina Selatan.

Penjaga pantai Filipina pada hari Jumat (20/5/2022), mengatakan bahwa mereka telah mendirikan pos terdepan di tiga pulau di perairan yang diperebutkan, sebuah langkah yang kemungkinan akan disukai oleh Beijing.

Sejak awal bulan, kapal induk pertama China, Liaoning, telah melakukan misi di Laut Jepang.

Source : NBC

Editor : Sosok

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest