Follow Us

Terjadi Diskusi Tingkat Tertinggi antara AS dan Inggris untuk Pecundangi China atas Laut China Selatan dan Taiwan

Rifka Amalia - Minggu, 01 Mei 2022 | 19:00
Laut China Selatan
US Navy

Laut China Selatan

Sosok.ID - Amerika Serikat (AS) mengadakan pembicaraan tingkat tinggi dengan Inggris mengenai ancaman China terhadap Taiwan.

Gedung Putih berkonsultasi dengan sekutu Eropa mengenai apa yang dilihatnya sebagai aktivitas yang lebih tegas oleh Beijing.

Dilansir dari Al Jazeera, Minggu (1/5/2022), AS telah mengadakan pembicaraan tingkat atas dengan Inggris tentang bagaimana mereka dapat bekerja sama lebih erat untuk mengurangi kemungkinan perang dengan China atas Taiwan.

Pembicaraan itu juga membahas agenda untuk mengeksplorasi rencana kontingensi konflik untuk pertama kalinya.

Kurt Campbell, koordinator Indo-Pasifik Gedung Putih, dan Laura Rosenberger, pejabat tinggi Dewan Keamanan Nasional China, mengadakan pertemuan di Taiwan dengan perwakilan Inggris pada awal Maret, menurut orang-orang yang mengetahui situasi tersebut.

Pertemuan itu terjadi selama pertemuan dua hari yang lebih luas dengan tim masing-masing tentang strategi Indo-Pasifik.

Tiga orang yang akrab dengan peningkatan keterlibatan itu mengatakan AS ingin meningkatkan kerja sama dengan sekutu Eropa, seperti Inggris, untuk meningkatkan kesadaran tentang apa yang dianggap pemerintah sebagai sikap Beijing yang semakin tegas terhadap Taiwan, yang dianggapnya sebagai bagian dari China.

Dialog Taiwan dimaksudkan untuk melengkapi diskusi lebih lanjut yang telah dilakukan AS dengan Jepang dan Australia karena Beijing telah meningkatkan aktivitas militer di sekitar Taiwan.

Selama setahun terakhir, China telah menerbangkan lebih banyak jet tempur, pembom, dan pesawat tempur lainnya di dekat pulau itu.

Laksamana John Aquilino, kepala komando Indo-Pasifik AS, bulan lalu mengatakan kepada Financial Times selama perjalanan ke Australia untuk mendukung aliansi bahwa perang Ukraina menggarisbawahi risiko yang ditimbulkan China terhadap Taiwan.

Salah satu orang mengatakan pertemuan Taiwan mencakup segala hal mulai dari bagaimana Inggris dapat melakukan lebih diplomatis dengan Taipei hingga diskusi tentang meningkatkan pencegahan di Asia.

Itu juga termasuk pembicaraan tentang peran apa yang akan dimainkan Inggris jika AS berakhir dalam perang dengan China atas Taiwan.

Source : Al Jazeera

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest