Follow Us

Jokowi Putuskan Tetap Terima Rusia di Pertemuan G20, Negara-negara Eropa Ancam Rusak Acara

Rifka Amalia - Jumat, 22 April 2022 | 21:31
Presiden Joko Widodo
Harian Warta Kota/Henry Lopulalan

Presiden Joko Widodo

Sosok.ID - Indonesia sedang “berkonsultasi” dengan anggota G20 lainnya di tengah meningkatnya seruan agar Rusia dilarang menghadiri pertemuan puncak forum ekonomi di Bali November nanti.

Beberapa anggota kelompok antar pemerintah dari 19 negara dan Uni Eropa telah mengancam akan memboikot acara tersebut jika Presiden Rusia Vladimir Putin dan delegasi dari Moskow diizinkan untuk hadir.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam posisi penuh atas keputusan tersebut.

“Sayangnya, ini adalah nasib Presiden Jokowi,” Kosman Samosir, dosen hukum internasional dan wakil dekan fakultas hukum di Universitas Katolik Santo Thomas di Medan, Indonesia, mengatakan kepada Al Jazeera, dikutip Sosok.ID pada Jumat (22/4/2022).

“Tentu saja ini harus terjadi sekarang (G20), ketika Indonesia menjadi presiden, dan harus menghadapi kemungkinan pengusiran Rusia atau anggota berisiko memboikot dan seluruh forum gagal.”

Menurut Angelo Abil Wijaya, kepala manajemen proyek dan penelitian di Y20 Indonesia, kelompok keterlibatan pemuda resmi untuk KTT Pemimpin G20, taruhannya tidak bisa lebih tinggi.

“Indonesia telah banyak berinvestasi dalam kepresidenannya di G20, dan telah mempersiapkan diri untuk kepresidenan ini selama bertahun-tahun,” katanya kepada Al Jazeera.

“Indonesia ingin kepresidenannya sukses. Agar sukses, G20 harus dihadiri oleh 20 anggotanya. Tentu kita ingin melihat keberhasilan G20 Indonesia, bukan G19, atau gabungan Gs lainnya yang anggotanya kurang dari 20.”

G20 tidak hanya mencakup negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris dan Jepang, yang telah bergerak untuk menjatuhkan sanksi keras kepada Rusia atas invasinya ke Ukraina, tetapi juga negara-negara seperti China yang telah mengambil pendekatan yang lebih ambivalen.

“Tampaknya kenyataan yang tidak dapat dihindari bahwa kehadiran Putin di G20 akan mengakibatkan banyak negara memboikot acara tersebut. Sulit membayangkan tingkat diplomasi apa pun yang mengubah ini, kecuali perubahan radikal dalam situasi di Rusia dan Ukraina sendiri, ”Ian Wilson, dosen studi politik dan keamanan di Universitas Murdoch di Perth, mengatakan kepada Al Jazeera.

Pertemuan para menteri keuangan G20 minggu ini memberikan beberapa indikasi tentang apa yang mungkin terbentang di depan ketika perwakilan dari AS, Inggris dan Kanada keluar dari sesi tertutup di Washington ketika delegasi Rusia mulai berbicara.

Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indrawati, yang menjadi ketua rapat, mengatakan pemogokan itu “tidak mengejutkan” dan tidak menghalangi diskusi untuk dilanjutkan.

Source : Al Jazeera

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest