Follow Us

AS Makin Ngeri Takut China Dukung Rusia, Anak Buah Joe Biden untuk Pertama Kali sampai Hubungi Pasukan Xi Jinping

Rifka Amalia - Kamis, 21 April 2022 | 21:00
China vs AS
Da qing - Imaginechina/VCG via Global Times

China vs AS

Sosok.ID - Kepala pertahanan AS berbicara untuk pertama kalinya dengan mitra China.

Seruan itu muncul di tengah berlanjutnya kekhawatiran AS bahwa China dapat mendukung Rusia dalam invasi ke Ukraina.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin telah berbicara dengan rekannya dari China, Jenderal Wei Fenge, untuk pertama kalinya.

Dilansir dari Al Jazeera, Kamis (21/4/2022), hal ini terjadi karena kekhawatiran terus berlanjut di Washington bahwa Beijing dapat memberikan dukungan militer ke Rusia setelah invasinya ke Ukraina.

Juru bicara Pentagon John Kirby mengatakan percakapan pada hari Rabu (21/4/2022) antara Austin dan Wei adalah "tindak lanjut" untuk panggilan antara Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri China Xi Jinping pada bulan Maret, di mana pemimpin AS memperingatkan bahwa akan ada "biaya" jika China mendukung Rusia secara militer.

Gedung Putih belum mengindikasikan bahwa mereka telah menerima jaminan dari Beijing mengenai masalah dukungan militer ke Rusia.

“Sekretaris Austin dan Jenderal Wei membahas hubungan pertahanan AS-RRT [Republik Rakyat China], masalah keamanan regional, dan invasi Rusia yang tidak beralasan ke Ukraina,” kata Kirby.

Meskipun memiliki hubungan ekonomi dengan Ukraina dan Rusia, media pemerintah China telah memperkuat propaganda Rusia di beberapa titik selama konflik.

Dalam pertemuan sebelum invasi ke Ukraina pada 24 Februari, pemimpin China dan Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan bahwa persahabatan antara negara mereka “tidak memiliki batas”.

Namun, dalam sebuah pernyataan setelah panggilan telepon Biden dan Xi pada bulan Maret, Beijing mengatakan bahwa mereka “tidak ingin melihat” eskalasi perang di Ukraina dan bahwa “China selalu menganjurkan perdamaian dan menentang perang”.

Panggilan pada hari Rabu dengan Wei datang setelah Austin telah mencari selama berbulan-bulan, tetapi tidak berhasil, untuk berbicara dengan Jenderal Xu Qiliang, perwira berseragam berpangkat tertinggi dalam struktur militer Partai Komunis Tiongkok. Sementara Xu lebih berpengaruh di China, Wei secara teknis adalah rekan Austin.

Seorang pejabat senior pertahanan mengatakan kepada Associated Press bahwa Austin telah menggemakan pesan Biden tentang pentingnya mengelola persaingan strategis AS-China, termasuk di arena nuklir, ruang angkasa dan dunia maya, dan meningkatkan komunikasi krisis antara kekuatan global.

Source : Al Jazeera

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest