Follow Us

30 Ribu Pasukan Tempur Diduga Berpartisipasi, Pecah Perang di Negara Ini Jadi Kekhawatiran Dunia

Rifka Amalia - Rabu, 09 Februari 2022 | 19:13
Ilustrasi militer
Israel Defense Force

Ilustrasi militer

Sosok.ID - Latihan perang Rusia di Belarus, disebut dirancang untuk 'mengirim pesan ke Ukraina'.

Para ahli meningkatkan kekhawatiran atas latihan yang akan segera dilakukan yang menurut NATO menandai pengerahan terbesar ke Belarus sejak Perang Dingin.

Rusia sedang bersiap untuk memulai latihan militer 10 hari di Belarusia dalam unjuk kekuatan.

Menurut para pakar keamanan dirancang untuk menunjukkan kepada Ukraina dan Barat bahwa mereka serius tentang potensi perang.

Baca Juga: Myanmar Makin Hancur, Seabrek Tuduhan Diperkarakan, Hukuman Penjara Aung San Suu Kyi Ditambah Lagi

Dilansir dari Al Jazeera, pasukan dan perangkat keras Rusia mulai tiba di Belarus pada pertengahan Januari, dengan sekitar 30.000 pasukan tempur diperkirakan akan berpartisipasi dalam latihan yang dikenal sebagai “Allied Resolve”.

Dua batalyon sistem rudal permukaan-ke-udara S-400 dan 12 jet tempur Sukhoi Su-35 juga telah ditempatkan.

NATO menyebutnya sebagai pengerahan terbesar ke Belarus sejak Perang Dingin dan itu terjadi ketika Rusia telah mengumpulkan puluhan ribu tentara dan perangkat keras militer di wilayah sekitar perbatasan Ukraina dan di Krimea yang dicaplok.

"Fase aktif" latihan akan dimulai pada Kamis dan menandai gelombang terbaru dalam aktivitas militer selama kebuntuan dengan Barat mengenai Ukraina ketika para pemimpin Barat melanjutkan upaya diplomatik untuk meredakan situasi.

Baca Juga: Myanmar Terima Penghinaan Besar akibat Ulahnya Sendiri, ASEAN Tak Sudi Junta Datang dalam Pertemuan Penting Ini

Diperkirakan bahwa Allied Resolve akan mencakup manuver kekuatan udara dan pasukan darat skala besar untuk mensimulasikan serangan dari negara NATO terdekat.

AS dan NATO telah memperingatkan bahwa latihan tersebut dapat digunakan sebagai tabir asap untuk serangan nyata atau upaya untuk merebut ibu kota Kyiv, yang berjarak 150 km selatan perbatasan Belarusia; latihan militer Rusia yang tidak diumumkan terjadi tepat sebelum aneksasi Krimea pada tahun 2014.

Source : Al Jazeera

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest