Follow Us

Kabar Duka, Jet Tempur F-15 Jepang Hilang, Seluruh Upaya Sedang Dikerahkan

Rifka Amalia - Kamis, 03 Februari 2022 | 18:26
Ilustrasi Jet Tempur
Air & Space Magazine

Ilustrasi Jet Tempur

Sosok.ID - Militer Jepang mengabarkan bahwa jet tempur F-15 mereka hilang.

Kementerian Pertahanan mengatakan, dua awak pesawat tempur tersebut belum diketemukan.

Adapun tim pencarian dan penyelamatan menemukan bagian dari badan pesawat jet tempur.

Dikutip dari Al Jazeera, Kamis (3/2/2022), Jet Angkatan Udara Bela Diri Jepang menghilang dari radar kontrol lalu lintas udara pada Senin (31/1/2022).

Baca Juga: Coba Saingi Pindad Indonesia Soal Buat Senjata Canggih, Malaysia Justru Kena Malu Saat Diolok-olok Gegara Senapan Mirip Mainan Ini!

Kementerian Pertahanan mengatakan pada Selasa bahwa pesawat tempur itu menghilang tak lama setelah lepas landas, sekitar 5 km (3 mil) dari Pangkalan Udara Komatsu di pantai Laut Jepang, yang memiliki dua skuadron tempur taktis.

Penyiar layanan publik NHK mengutip pejabat Jepang yang mengatakan bahwa jet tempur F-15 tidak mengirim sinyal darurat sebelum hilang, dan bahwa mereka tidak menerima panggilan yang melaporkan penyimpangan atau sinyal penyelamatan.

Menurut laporan itu, para pejabat percaya kondisi penerbangan "memburuk dengan cepat" sehingga awak dua orang itu tidak punya waktu untuk merespon.

Berbicara kepada wartawan, menteri pertahanan Nobuo Kishi menepis laporan media awal bahwa salah satu pilot telah ditemukan.

Baca Juga: Ironi, Dunia Dicap Cuma 'Duduk dan Menonton' Saat Myanmar Porak-poranda karena Perang

Helikopter SAR dan tiga kapal penjaga pantai melanjutkan pencarian mereka setelah sebelumnya menemukan puing-puing pesawat di laut, kata Penjaga Pantai Jepang dalam siaran pers.

"Sebagai bagian dari badan pesawat jet tempur ditemukan di daerah itu, jet tempur itu diyakini telah jatuh," kata juru bicara pemerintah Hirokazu Matsuno kepada wartawan, Selasa.

Source : Al Jazeera

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest