Follow Us

KKB Papua Dibantu Negara Asing Soal Persenjatan? Mortir Buatan Serbia Ditemukan Saat Konflik Bersenjata Terjadi, Begini Kronologinya!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Rabu, 01 Desember 2021 | 16:57
(ilustrasi) KKB Papua Dibantu Negara Asing Soal Persenjatan? Mortir Buatan Serbia Ditemukan Saat Konflik Bersenjata Terjadi, Begini Kronologinya!
Instagram @kodam17

(ilustrasi) KKB Papua Dibantu Negara Asing Soal Persenjatan? Mortir Buatan Serbia Ditemukan Saat Konflik Bersenjata Terjadi, Begini Kronologinya!

Sosok.ID - Sebuah fakta mengejutkan terungkap dalam konflik bersenjata di Papua baru-baru ini.

Hujan mortir yang berasal dari pabrikan asal Serbia disebut-sebut terjadi di wilayah Kiwirok, Papua.

Isu mengenai konflik ditunggangi oleh negara asing pun muncul dalam kisruh tersebut.

Melansir dari Kompas.com, sejumlah masyarakat di beberapa kabupaten termasuk Pegunungan Bintang, Intan Jaya, dan Maybrat kini harus meninggalkan rumah mereka.

Baca Juga: Senjata Api KKB Papua Disokong Pabrikan Amerika, TNI Selidiki Pasokannya, Ternyata dari Negara Ini Asalnya!

Hal itu dilakukan demi menyelamatkan diri dan mencari tempat aman untuk berlindung.

Diberitakan setidaknya ada ratusan hingga ribuan masyarakat sipil yang harus dievakuasi dari lokasi tempat tinggal mereka.

Dilansir dari BBC News, beberapa waktu lalu beredar video yang memperlihatkan konflik yang terjadi antaran KKB Papua dengan Tim Gabungan TNI-Polri.

Lebih mengejutkan lagi dalam video tersebut terdengar sejumlah ledakan mortir yang disebut-sebut dijatuhkan dari helikopter.

Baca Juga: Bukan Cuma Lekagak Telenggen, Ini Sosok Pimpinan KKB Papua yang Mampu Rakit Bom Elpiji Hingga Buat Polri Siaga Satu Jelang Peringatan 17 Agustus, Punya Gelar Brigjen!

Jenno Taplo mengirim sejumlah video untuk membuktikan klaim kelompoknya bahwa aparat menjatuhkan mortir dari helikopter.

Source : Kompas.com, tempo, BBC News

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest