Follow Us

Ngotot dan Nekat Demi Proyek Ambisius, Anies Baswedan Utang Rp 180 M ke Bank DKI, Diduga Korupsi hingga Terancam Arbitrase Internasional

Rifka Amalia - Selasa, 09 November 2021 | 15:01
Anies Baswedan menjabat Gubernur DKI Jakarta untuk periode 2017-2022
KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI

Anies Baswedan menjabat Gubernur DKI Jakarta untuk periode 2017-2022

Sosok.ID - Proyek Formula E Anies Baswedan, saat ini sedang dalam sorotan karena diduga terjadi tindak korupsi.

Proyek ambisius Gubernur DKI Jakarta ini sejatinya telah menuai banyak penolakan karena dinilai banyak mendatangkan kerugian, tetapi Anies terus mengusahakan agar Formula E berjalan sesuai rencananya.

Dikutip dari Kompas.com, pada Agustus 2021 lalu, Anies menerbitkan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 49 Tahun 2021 tentang Isu Prioritas Daerah Tahun 2021-2022.

Anies bahkan memberikan surat kuasa kepada Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Achmad Firdaus untuk meminjam uang pembayaran commitment fee ke Bank DKI.

Baca Juga: Ogah Setop Setelah Sebut Anies Baswedan Pembohong, Sosok Artis Ini Sampai Dapat Pertanyaan Pedas Dari Deddy Corbuzier Gegara Ingin Jadi Presiden: Apa Lebihnya Anda?

Ajang balap mobil listrik ini dikabarkan resmi digelar di Jakarta pada Juni 2022. Berikut rangkaian peristiwa Anies pinjam uang ratusan miliar ke Bank DKI Jakarta, seperti diberitakan dari Kompas.com.

Anies Baswedan mengeluarkan surat kuasa untuk keperluan peminjaman uang miliaran rupiah ke PT Bank DKI sebagai upaya menalangi pembayaran commitment fee penyelenggaraan Formula E.

Surat kuasa diberikan kepada Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Achmad Firdaus tertanggal 21 Agustus 2019.

Namun, sebelum Anies mengeluarkan surat kuasa tersebut, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta lebih dulu bersurat kepada Anies mengenai laporan atas rencana kegiatan Formula E.

Baca Juga: Dinilai Abaikan Nyawa, Viral Anies Baswedan Mengamuk pada HRD Kantor yang Masih WFO: Orang Seperti Ibu Ini Egois!

Surat laporan tersebut tertanggal 15 Agustus 2019 yang langsung ditujukan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam laporan tersebut, ada lima poin penting yang diinformasikan oleh Dispora. Pertama, terkait dengan mahalnya pembiayaan commitment fee selama lima tahun penyelenggaraan Formula E.

Source : Kompas.com

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest