Follow Us

Tak Biarkan AS Luput Begitu Saja, China Tuntut Klarifikasi Terkait Insiden Kapal Selam di Laut China Selatan

Rina Wahyuhidayati - Rabu, 03 November 2021 | 20:42
China tuntut klarifikasi AS atas insiden kapal selam Amerika Sericat Connecticut yang menabrak obyek asing di Laut China Selatan.
24h

China tuntut klarifikasi AS atas insiden kapal selam Amerika Sericat Connecticut yang menabrak obyek asing di Laut China Selatan.

Sosok.ID - Pemerintah China kembali menuntut Amerika Serikat untuk memberikan klarifikasi terkait insiden yang melibatkan kapal selam USS Connecticut di Laut China Selatan bulan lalu.

Sebelumnya, kapal selam nuklir AS USS Connecticut dilaporkan mengalami kerusakan setelah menabrak objek tak dikenal saat beroperasi di bawah air di Asia.

Demikian menurut keterangan Angkatan Laut Amerika Serikat, pada Kamis (7/10).

Dalam sebuah pernyataan yang dikutip Channel News Asia, Angkatan Laut AS mengatakan bahwa USS Connecticut menabrak sebuah objek saat menyelam pada sore hari tanggal 2 Oktober, saat beroperasi di perairan internasional di kawasan Indo-Pasifik.

Baca Juga: Armadanya Perangnya Kini Kalah Telak Dari China, Ternyata Ini Sebab AS Masih Duduki Peringkat Satu Militer Terkuat di Dunia!

USNI News melaporkan bahwa belasan pelaut mengalami luka dan cedera ringan hingga sedang.

USNI News juga menyebutkan, kapal selam itu beroperasi di Laut China Selatan, di mana Angkatan Laut AS telah berusaha untuk menantang klaim teritorial yang disengketakan China di pulau-pulau kecil, terumbu karang, dan singkapan.

Atas kejadian itu, China kembali menuntut klarifikasi AS pada Selasa (2/11).

Bagi China, klarifikasi yang terbuka akan menjawab kekhawatiran dan keraguan negara-negara di kawasan tersebut.

Baca Juga: Indonesia Segera Punya Kapal Selam Nuklir? Perjanjian Dengan Perancis Jadi Bukti RI Kejutkan Aliansi China-Rusia dan AUKUS yang Ingin Kuasai Laut China Selatan?

"Kami telah berulang kali menyatakan keprihatinan kami yang mendalam atas insiden tersebut dan meminta pihak AS untuk mengambil sikap yang bertanggung jawab dan memberikan klarifikasi terperinci untuk memberikan penjelasan yang memuaskan kepada masyarakat internasional dan negara-negara di kawasan itu," ungkap Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin, seperti dikutip Xinhua.

Wang juga menyayangkan sikap AS yang membutuhkan waktu hampir satu minggu untuk mengeluarkan pernyataan, yang samar, bahwa kapal selam nuklir mereka menabrak objek yang tidak diketahui.

Source : Channel News Asia

Editor : Rina Wahyuhidayati

Baca Lainnya

Latest