Follow Us

Perang Dunia 3 Benar Terjadi di Laut China Selatan? 2 Negara Terdekat Tiongkok Ini Jadi Bukti Perkuat Militer HIngga Nekat Tingkatkan Utang Negara Sampai 50%

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Selasa, 31 Agustus 2021 | 17:07
ilustrasi perang dunia. Perang Dunia 3 Benar Terjadi di Laut China Selatan? 2 Negara Terdekat Tiongkok Ini Jadi Bukti Perkuat Militer HIngga Nekat Tingkatkan Utang Negara Sampai 50%
Freepik

ilustrasi perang dunia. Perang Dunia 3 Benar Terjadi di Laut China Selatan? 2 Negara Terdekat Tiongkok Ini Jadi Bukti Perkuat Militer HIngga Nekat Tingkatkan Utang Negara Sampai 50%

Sosok.ID - Sebuah keputusan mengejutkan diambil dua negara yang kini cukup sering jadi sorotan soal perselisihannya dengan China.

Bahkan beberapa pakar mengungkapkan perang dunia tiga bakal pecah bermula dari kawasan dekat dengan wilayah China.

Hal itu ternyata bukan isapan jempol belaka terbukti dari beberapa negara di sekitar China yang mulai meningkatkan pertahanan mereka.

Salah satunya adalah Jepang yang kini makin sering bersitegang dengan China di perbatasan kedua negara.

Baca Juga: Indonesia Harus Semakin Waspada, Wilayah Perbatasan RI Disebut Bakal Jadi Medan Perang Dunia 3, Laut China Semakin Memanas Gegara Hal Ini!

Sebagai perbandingan, anggaran pertahanan Jepang untuk tahun fiskal 2021 adalah 5,3 triliun yen.

Nilai ini menandai kenaikan anggaran selama 10 tahun berturut-turut.

Jumlah itu belum termasuk pengeluaran yang terkait dengan menjadi tuan rumah pangkalan militer AS, yang mencapai 200 miliar yen per tahun.

Peningkatan anggaran pertahanan Jepang ini jelas bertujuan untuk mempercepat peningkatan kemampuan dalam domain baru, dan mempromosikan pengembangan teknologi baru untuk menghadapi kehadiran militer China yang semakin meningkat.

Baca Juga: Setelah Inggris, Kini Jerman Kirim Kapal Perang Menuju Laut China Selatan, Perang Dunia Barat Lawan Tiongkok Semakin di Ujung Mata?

Dilansir dari Kyodo, permintaan anggaran untuk tahun 2022 tersebut telah diajukan oleh Kementerian Pertahanan Jepang pada hari Selasa (31/8), sebelum nantinya harus dibahas terlebih dahulu oleh parlemen.

Rencana belanja militer Jepang tahun 2022Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan, mereka akan mengabaikan biaya upgrade 70 unit jet tempur F-15, yang rencananya akan menerima rudal baru dengan biaya mencapai 398,0 miliar yen.

Source : Kontan.co.id

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest