Follow Us

Indonesia Harus Makin Waspada, Tanda-tanda Perang Dunia 3 di Laut China Selatan Makin Terlihat, Salah Satunya AS Kirim Kapal Induk USS Ronald Reagen yang Miliki Kemampuan Luar Biasa!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Rabu, 16 Juni 2021 | 15:41
(Ilustrasi) Indonesia Harus Makin Waspada, Tanda-tanda Perang Dunia 3 di Laut China Selatan Makin Terlihat, Salah Satunya AS Kirim Kapal Induk USS Ronald Reagen yang Miliki Kemampuan Luar Biasa!
China Military

(Ilustrasi) Indonesia Harus Makin Waspada, Tanda-tanda Perang Dunia 3 di Laut China Selatan Makin Terlihat, Salah Satunya AS Kirim Kapal Induk USS Ronald Reagen yang Miliki Kemampuan Luar Biasa!

Sosok.ID - Amerika Serikat (AS) baru-baru ini menyatakan salah satu kapal induk miliknya, USS Ronald Reagan kini tengah memasuki Laut China Selatan pada Selasa (15/6/2021).

Apa yang dilakukan oleh salah satu armada laut AS ini disebut sebagai misi rutin oleh Angkatan Laut Paman Sam.

Melansir dari Reuters, Operasi juga melibatkan operasi penerbangan pesawat tempur dan latihan serangan maritim termasuk dengan pelatihan taktis terkoordinasi antar unit darat dan udara.

"Operasi kapal induk di Laut China Selatan adalah bagian dari kehadiran rutin Angkatan Laut AS di Indo-Pasifik," kata Angkatan Laut AS.

Baca Juga: Langsung Diikutkan Misi Tempur, Destroyer Type 052D China Unjuk Gigi di Laut China Selatan

Tindakan yang dilakukan oleh Angkatan Laut AS ini pun mendapat kecaman dari beberapa pihak lantaran disebut memicu konflik.

Negara yang paling keras menyerukan penentangan atas tindakan AS tersebut tak lain adalah China.

Namun demikian, dalam misi rutin ini, USS Ronald Reagen tak sendirian bergerak di laut yang tengah bersengketa ini.

Dalam menjalankan misi, salah satu kapal induk AS ini didampingi kapal penjelajah rudal USS Shiloh dan kapal perusak rudal USS Halsey.

Baca Juga: Mengancam Tatanan Internasional, NATO Sepakat Lawan China

Pengerahan tim tempur ini dilakukan AS saat ketegangan antara Washington dan Beijing terus meningkat, terutama pasca-pertemuan negara kelompok G7 di Cornwall, Inggris, 11 sampai 13 Juni lalu.

Source : Kompas.com, Reuters

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest