Follow Us

Waspada, BMKG Imbau Masyarakat Berhati-hati Cuaca Buruk Hingga Bisa Berdampak Seperti di NTT, Begini Penjelasannya!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Senin, 05 April 2021 | 17:45
ilustrasi. Waspada, BMKG Imbau Masyarakat Berhati-hati Cuaca Buruk Hingga Bisa Berdampak Seperti di NTT, Begini Penjelasannya!
Twitter /@infohumasbmkg

ilustrasi. Waspada, BMKG Imbau Masyarakat Berhati-hati Cuaca Buruk Hingga Bisa Berdampak Seperti di NTT, Begini Penjelasannya!

Sosok.ID - Kabar duka datang dari wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) setelah dihantam badai hingga menimbulkan bencana di beberapa wilayah,

Bahkan kini ucapan duka cita juga membanjiri media sosial setelah peristiwa bencana alam yang terjadi di wilayah tersebut.

Sejalan dengan hal itu Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk tetap waspada akan bahaya cuaca yang ekstim.

Cuaca ekstrim dalam waktu dekat ini disebut bakal melanda sebagian besar wilayah Indonesia.

Baca Juga: Wanti-wanti Bencana sampai Pertengahan Tahun 2021, Denny Darko Minta Warga Turuti BMKG: Lumpur Panas Mengalir Tabrak Apapun di Depannya

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi adanya Bibit Siklon Tropis 99S di Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Stasiun Meteorologi Kupang Agung Sudiono Abadi mengatakan, bibit siklon tropis 99S itu diperkirakan cenderung menguat dalam 24 jam ke depan dengan pergerakan menjauhi wilayah Indonesia.

"Secara tidak langsung, keberadaan bibit siklon 99S di Laut Sawu tersebut berkontribusi signifikan terhadap peningkatkan labilitas atmosfer dan pertumbuhan awan hujan di wilayah NTT, " ungkap Agung dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Minggu (4/4/2021) petang.

Kondisi ini, lanjut Agung, menyebabkan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di hampir seluruh wilayah NTT dalam beberapa hari ke depan.

Baca Juga: Lagi! Skenario Bencana Terburuk Kembali Diungkap BMKG, Sudah Diwanti-wanti Sejak Oktober 2020: Setumpuk Fenomena Sedang Terjadi di Indonesia

Terutama, kata Agung, di wilayah Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Belu, Malaka. Kemudian Sabu Raijua, Rote Ndao, Nagekeo, Ngada, Ende, sebagian Flores Timur, Lembata, Alor, dan Sumba Timur.

Source : Kompas.com

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest