Follow Us

Negaranya Justru Semakin Kacau Balau Usai Mati-matian Melepaskan Diri dari NKRI, Warga Timor Leste Ini Ngaku Lebih Baik Mati daripada Hidup Menderita di Tanah Airnya Sendiri

Dwi Nur Mashitoh - Selasa, 12 Januari 2021 | 10:45
(ilustrasi) Bendera Timor Leste.
intisari

(ilustrasi) Bendera Timor Leste.

Sosok.ID - Sebelum berdiri menjadi negara sendiri, Timor Leste merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tapi karena berbagai hal, Timor Leste memutuskan untuk melepaskan diri dari NKRI.

Tak mudah tentunya bagi Timor Leste untuk melepaskan diri dari NKRI.

Selain itu, membangun sebuah negara juga bukan perkara mudah bagi Timor Leste yang pernah nyaris kacau sejak melepaskan diri dari Indonesia.

Baca Juga: Perihal Berkarung-karung Jatah Beras Bikin Perjuangan Merdeka dari NKRI 18 Tahun Lalu Nyaris Sia-sia, Timor Leste Pernah Hampir Luluh Lantak di Tangan Rakyatnya

Tahun 2002, Timor Leste secara resmi dinyatakan merdeka setelah referendum menyatakan banyak rakyat Timor Leste yang memilih melepaskan diri.

Namun tak berselang lama sejak saat itu, sebuah krisis hebat melanda Bumi Lorosae di mana rakyatnya marah dan ngamuk pada pemerintah.

Menukil Reliefweb, antara tahun 2006-2007, penduduk Timor Leste terlibat bentrokan dengn polisi dan pasukan militer bersenjata Timor Leste.

Pada saat itu situasi politik di ibu kota Dili sangat mencekam, Februari 2007, gelombang kemarahan publik terjadi secara besar-besaran.

Baca Juga: Bersebelahan dengan Indonesia, Negara Ini Disebut Berhasil Tekan Angka Penyebaran Covid-19, Tapi Justru Buat Terpuruk dan Sulit Lepas dari Cap Sebagai Negara Miskin Sampai 2030

Penduduk sipil marah besar pada pemerintah Timor Leste hingga melakukan aksi perlawanan terhadap pemerintah.

Source : Intisari Online

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Baca Lainnya

Latest