Follow Us

18 Tahun Lalu Mati-matian Berjuang Lepaskan Diri dari NKRI, Rakyat Timor Leste Sekarang Justru Menyesal Usai Negaranya Merdeka: Kami Memang Memiliki Kemerdekaan, Tapi Kami Tidak Memiliki Apa-apa Lagi

Dwi Nur Mashitoh - Senin, 19 Oktober 2020 | 06:13
Bendera Timor Leste.
intisari

Bendera Timor Leste.

Sosok.ID - Sebelum menjadi negara yang merdeka, Timor Leste dahulu adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Namun Bumi Lorosae memutuskan untuk melepaskan diri dari NKRI dan berdiri menjadi sebuah negara yang merdeka.

Sejak itu, Timor Leste selalu menyimpan kabar menarik.

Salah satunya adalah kondisi ekonominya yang mengalami pasang surut, dan diyakini belum berkembang sejak ditinggalkan Indonesia.

Baca Juga: 21 Tahun Lalu Sokong Kemerdekaan Timor Leste, Australia Ternyata Pernah Dibikin Jiper dengan Kekuatan TNI AL Sampai Nyaris Gempur Jakarta

Hingga kini sudah 18 tahun negara itu merdeka sejak referendum PBB tahun 2002.

Berdiri sebagai negara kecil, Timor Leste sebenarnya diberkahi dengan kekayaan alam luar biasa salah satunya adalah minyak bumi.

Namun, meski menyimpan minyak dalam jumlah besar, Timor Leste dikhawatirkan akan mengalami keruntuhan ekonomi.

Melansir News Hub, cadangan minyak bumi dan gas utama Timor Leste hampir habis dan pemerintah negara itu terus melakukan pemborosan.

Baca Juga: Diberkahi Sumber Daya Melimpah Tapi Diprediksi Bakal Bangkrut pada 2027, Terungkap Cara Amburadul Timor Leste untuk Kelola Keuangan Negara, Pemerintah Bumi Lorosae Bahkan Nekat Jor-joran untuk Hal yang Tak Pasti

Pemerintah Timor Leste memompa tabungannya dalam skema infrastruktur besar yang menurut para kritikus hal itu sangat boros.

Source : Intisari Online

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Baca Lainnya

Latest