Follow Us

Rela Tinggalkan Keluarga Demi Hidup di Indonesia, Pengungsi Timor Leste Curhat Tak Kunjung Diberi Kepastian Status Setelah 20 Tahun

Dwi Nur Mashitoh - Selasa, 03 November 2020 | 07:13
(ilustrasi) Bendera Timor Leste.
intisari

(ilustrasi) Bendera Timor Leste.

Sosok.ID - Sebelum menjadi negara yang merdeka, Timor Leste merupakan bagian dari Negara Kesatuan Indonesia (NKRI).

Tapi Timor Leste akhirnya memutuskan untuk melepaskan diri dari NKRI.

Perpisahan ini pun masih menyisakan luka baik bagi warga Timor Leste maupun warga Indonesia.

Kemerdekaan Timor Leste sendiri telah meninggalkan rakyat pro-integrasi yang ketakutan kembali ke tanah kelahiran mereka.

Baca Juga: Puluhan Tahun Rakyatnya Sebut Indonesia sebagai Penjajah, Mantan Pemimpin Timor Leste Mendadak Beri Pujian Setinggi Langit kepada NKRI Saat Diwawancarai Media Arab

Seperti diketahui, rakyat Timor Leste terpecah menjadi kelompok pro-kemerdekaan dan pro-integrasi, yaitu mereka yang ingin lepas dari Indonesia dan mereka yang ingin tetap bergabung dengan Indonesia.

Ketika referendum Timor Leste tahun 1999 memenangkan pilihan orang-orang yang menginginkan kemerdekaan, kerusuhan pecah dan diyakini menewaskan ribuan penduduk.

Milisi pro-integrasi diduga sebagai pihak yang memulai kerusuhan yang kemudian meluas ke seluruh Timor Leste dan berpusat di Dili.

Situasi tersebut melahirkan para pengungsi yang mencari perlindungan ke luar Timor Leste, termasuk Indonesia.

Baca Juga: 18 Tahun Lalu Mati-matian Berjuang Lepaskan Diri dari NKRI, Rakyat Timor Leste Sekarang Justru Menyesal Usai Negaranya Merdeka: Kami Memang Memiliki Kemerdekaan, Tapi Kami Tidak Memiliki Apa-apa Lagi

Namun, setelah kerusuhan di Timor Leste berhasil diredam, banyak dari para pengungsi yang enggan kembali ke tanah kelahirannya.

Ketakutan akan ancaman dari kelompok pro-kemerdekaan menghantui mereka yang memiliki pilihan berbeda.

Source : Intisari Online

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Baca Lainnya

Latest