Follow Us

Seperti Film Fiksi, Jual Beli Hak atas Wajah Terjadi di Jepang, Bisa Raup Uang Rp 5 Juta Asal Sudi Rupa Kita Ditiru untuk Topeng Realistis, Minat?

Rifka Amalia - Rabu, 02 Desember 2020 | 15:00
Topeng Kamenya Omoto
Oddity Central

Topeng Kamenya Omoto

Sosok.ID - Sebuah perusahaan Jepang, menawarkan kepada siapapun untuk menjual wajahnya.

Ini merupakan bisnis membeli hak atas wajah seseorang, sehingga perusahaan dapat menjualnya dalam bentuk topeng cetak 3D yang sangat realistis.

Menyadur Oddity Central berdasarkan artikel yang terbit pada 25 November 2020, bisnis ini dicetuskan oleh Kamenye Omoto, toko sekaligus pembuat topeng khusus yang berbasis di Tokyo.

Sejak Kamenya Omoto mengumumkan niatnya untuk membeli hak atas wajah orang-orang seharga 40.000 yen ($ 380) atau sekira Rp 5 juta, tawaran itu langsung dibanjiri peminat.

Baca Juga: Curiga Keadaan Pemimpin Korea Utara yang Tak Takut Bertemu Banyak Orang Saat Pandemi, Intelijen Jepang Temukan Hal Mengejutkan, Kim Jong Un Telah Disuntik

Perusahaan tersebut ingin mereproduksi wajah orang dalam bentuk topeng hiper-realistis dan menjualnya dengan harga sekitar ($ 940) atau Rp 13 juta.

Jika topeng terbukti populer di kalangan klien, orang yang penampilannya digunakan sebagai inspiasi juga akan memperoleh persentase dari keuntungan.

Proyek kontroversial, bernama "That Face" ini dilaporkan bertujuan untuk memberikan sentuhan fiksi ilmiah pada ide jual beli wajah.

Di era di mana privasi dan data pribadi tampaknya lebih penting dari sebelumnya, konsep menjual hak atas wajah seseorang ini terkesan sangat aneh dan cukup mengerikan.

Baca Juga: Terlilit Utang Hingga Dikejar-kejar Debt Collector, Artis Asal Jepang Ini Akhirnya Diselamatkan Ruben Onsu, Begini Kronologinya!

Tetapi dilihat dari tanggapan yang didapat Kamenya Omoto dalam sebulan terakhir, konsep itu menjadi sangat populer.

Setelah mengumumkan rencana untuk membeli hak atas wajah, Kamenya Omoto dibanjiri oleh tawaran dan pertanyaan tentang proyek tersebut.

Source : Oddity Central

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest