Follow Us

Nasib Rakyatnya Amburadul Pasca Lepaskan Diri dari NKRI 18 Tahun Silam, Timor Leste Sempat Dimanjakan Kemewahan Ini Saat Masih Jadi Bagian Indonesia

Tata Lugas Nastiti - Kamis, 26 November 2020 | 06:45
Foto bendera Timor Leste.
Timorman

Foto bendera Timor Leste.

Sosok.ID - Delapan belas tahun berlalu sejak Timor Leste memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sebelumnya meraih kemerdekaannya sendiri, Timor Leste adalah bagian dari Indonesia.

Namun sejak referendum PBB tahun 2002, Bumi Lorosae memutuskan untuk melepaskan diri dari NKRI dan menjadi negara merdeka.

Di masa lalu, rakyat Timor Leste pro-kemerdekaan tak hentinya melakukan perlawanan untuk bisa melepaskan diri dari Indonesia.

Baca Juga: 18 Tahun Terus Dihantui Kemiskinan Sejak Merdeka dari NKRI, Timor Leste Habis Diporoti Pejabatnya Sendiri, Belum Dilantik Saja Sudah Terendus Jadi Koruptor

Hal itu konon dikarenakan penderitaan yang didapat Timor Leste selama menjadi wilayah Indonesia.

Konflik, kelaparan, hingga penyakit yang terjadi selama pendudukan Indonesia disebut-sebut jadi alasan rakyat Timor Leste ingin merdeka.

Pada saat itu banyak pihak yang memandang Indonesia bertindak biadab dengan melakukan pembantaian di Timor Leste.

Meski demikian, faktanya masih ada segelintir orang Timor Leste yang pro-Indonesia, bahkan menginginkan integrasi dengan Indonesia.

Baca Juga: Peras Keringat dan Darah Belasan Tahun Berjuang Merdeka Sampai Sebut NKRI Penjajah, Timor Leste Kini Malah Balik Minta Perlindungan Militer ke Indonesia

Salah satunya adalah Arnaldo dos Reis Araujo, merupakan pendiri partai APODETI (Associacao Popular Democratica Timorense) yang bertujuan menyatukan Timor Leste ke Indonesia.

Source : Intisari Online

Editor : Tata Lugas Nastiti

Baca Lainnya

Latest