Follow Us

Negaranya Sedang Kisruh Gegara Rebutan Kekuasaan, Malaysia Tiba-tiba Tantang China Untuk Beradu dan Acuhkan Akibat yang Bisa Dialami

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Rabu, 18 November 2020 | 08:13
ilustrasi. Negaranya Sedang Kisruh Gegara Rebutan Kekuasaan, Malaysia Tiba-tiba Tantang China Untuk Beradu dan Acuhkan Akibat yang Bisa Dialami
TLDM

ilustrasi. Negaranya Sedang Kisruh Gegara Rebutan Kekuasaan, Malaysia Tiba-tiba Tantang China Untuk Beradu dan Acuhkan Akibat yang Bisa Dialami

Sosok.ID - China memang seakan nekat mencari musuh di kawasan Asia.

Setelah Indonesia kali ini giliran Malaysia yang kena konfliknya

Hubungan Malaysia dengan China memang terancam memanas.

Hal ini setelah Kuala Lumpur tak akan mengekstradisi warga Uighur yang telah melarikan diri dari China.

Baca Juga: Perbandingan Kekuatan TNI AL dan TLDM Malaysia, Mana yang Lebih Komplit Senjatanya?

Meski tak pernah diungkapkan ke publik, namun keputusan ini ditemukan dalam sebuah catatan dari pemerintah Malaysia kepada parlemennya.

Hal ini menandai pertama kalinya Malaysia menyatakan posisinya soal isu Uighur.

Sean R. Roberts, seorang profesor studi pembangunan internasional di Universitas George Washington, dengan tindakan ini, Malaysia mengambil sikap penting di saat banyak negara lain di Asia Tenggara termasuk Indonesia dan Thailand enggan untuk mengambilnya.

"Ini kemungkinan akan membuat marah Beijing, tetapi itu adalah posisi yang bertanggung jawab," ujar Robert.

Baca Juga: Mangkir dari Panggilan Polisi Karena Alasan Lockdown, Terbongkar Ternyata Hanya Alasan Belaka, Ini yang Sebenarnya Terjadi!

Posisi Malaysia mungkin mengakibatkan beberapa orang Uighur yang tersisa dan masih tersebar di seluruh Asia Tenggara mencari perlindungan di Malaysia.

Sementara sebagian besar orang Uighur yang telah melarikan diri dari China melalui Asia Tenggara pada akhirnya berusaha untuk melakukan perjalanan ke Turki.

Source : intisari-online.com

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest